STUDI PENELUSURAN LULUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DAN KETERKAITAN KEAHLIAN YANG DIPELAJARI DI PERGURUAN TINGGI DALAM DUNIA KERJA

Sastra Wijaya

Abstract


STUDI PENELUSURAN LULUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DAN  KETERKAITAN KEAHLIAN YANG DIPELAJARI DI PERGURUAN TINGGI DALAM DUNIA KERJA

(Penelitian ini dengan Pendekatan Tracer Study pada alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa Tahun 2012)

 

Oleh : Sastra Wijaya

 

Abstrak

                                                       

Program studi   Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fkip Untirta memiliki akses atau road map dan pelaksanaan penelitian yang menunjang terwujudnya visi dan terlaksananya misi program studi dan institusi, serta akses yang luas terhadap dunia kerja yang menunjang bagi para alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fkip Untirta. Dalam proses penelitian yang dilakukan, peneliti beranggapan bahwa pentingnya mengetahui hubungan antara pendidikan tinggi dengan pekerjaan alumni program studi pendidikan luar sekolah (PLS) Fkip Untirta gelombang II tahun 2009, karena keterkaitan tersebut akan mempengaruhi terhadap kualitas dan propesionalitas para lulusan dalam kecakapan dunia kerja. Mengingat pentingnya keterkaitan keilmuan yang dipelajari di perguruan tinggi dengan dunia kerja, karena keterkaitan tersebut akan mempengaruhi terhadap kualitas dan propesionalitas para lulusan dalam kecakapan dunia kerja. Oleh sebab itu program studi pendidikan luar sekolah seharusnya memilki para lulusan atau alumni yang mampu berdaya saing tinggi dan memiliki keterkaitan dunia kerja sesuai dengan keilmuan yang didapatkan di program studi PLS. Penelitian yang dilakukan nantinya diharapkan akan berguna bagi  proses pengembangan pendidikan luar sekolah dan berguna bagi prrguruan tinggi dan para alumni  program studi pendidikan luar sekolah baik yang berkaitan dengan peningkatan karir, informasi kerja, hubungan personal ataupun bentuk-bentuk lainnya. Untuk itu peneliti melakukan penelitian penelusuran (tracer study). Jumlah alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fkip Untirta Gelombang II Tahun 2009 yang bekerja sebanyak 32 orang alumni atau sebesar 86,5 %, sedangkan jumlah alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fkip Untirta Gelombang II Tahun 2009 yang tidak bekerja sebanyak 5 orang alumni atau sebesar 13,5 %. Dari hasil penelitian telah di ketahui bahwa dari 37 (tiga puluh tujuh) alumni atau lulusan program studi pendidikan luar sekolah (PLS) Fkip Untirta gelombang II tahun 2009 keseluruh alumni pernah berada pada dunia kerja, diantara alumni yang masih berada di dunia kerja atau memiliki pekerjaan hingga penelitian ini dilakukan adalah sebanyak 32 (tiga puluh dua) orang alumni dan 5 (lima) alumni sudah tidak bekerja. Alumni atau lulusan program studi pendidikan luar sekolah (PLS) Fkip Untirta gelombang II tahun 2009 yang bekerja berada pada jenis institusi pemerintah sebanyak 14 (empat belas) orang alumni, swasta 17 (tujuh belas) orang alumni, dan wirausaha sebanyak 1 (satu) orang alumni, sedangkan status alumni dalam pekerjaan terdiri dari pegawai tetap/ PNS sebanyak 5 (lima) orang alumni, tenaga kerja kontra sebanyak 10 (sepuluh) orang alumni, honorer/ tenaga kerja sementara sebanyak 16 orang, dan sukarelawan sebanyak 1 (satu) orang alumni. Adapun posisi atau jabatan alumni dalam pekerjaan terdiri dari 1 (satu) orang alumni sebagai manajemen puncak, 3 (tiga) orang alumni sebagai manajemen menengah, 6 (enam orang alumni sebagai staf, dan 22 (dua puluh dua) orang alumni sebagai guru dan pisisi atau jabatan lainnya. Kesulitan yang Dihadapi Alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fkip Untirta Gelombang II Tahun 2009 dalam Mencari Pekerjaan Pertama adalah 15 (lima belas) orang alumni atau sebesar 40,5% menyatakan bidang minat tidak sesuai, 5 (lima) orang alumni atau sebesar 13,5% menyatakan kemampuan berkomunikasi, tidak ada alumni yang menyatakan IPK (indeks prestasi komulatif) atau sebesar 0%, 1 (satu) orang alumni atau sebesat 2,7% menyatakan kemampuan berbahasa asing, tidak ada atau sebesar 0% alumni yang menyatakan kemampuan penguasaan IPTEK, 8 (delapan) atau sebesar 21,7% orang alumni yang menyatakn gaji yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapan, 2 (dua) orang alumni atau sebesar 5,4% menyatakan persyaratan pengalaman pekerjaan, 1 (satu) orang alumni atau sebesar 2,7% yang menyatakan penampilan diri, dan 5 (lima orang) atau sebesar 13,5% orang alumni yang menyatakan Kesulitan yang Dihadapi Alumni Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Fkip Untirta Gelombang II Tahun 2009 dalam Mencari Pekerjaan Pertama karena lingkungan pekerjaan, jarak dan kesulitan lainnya. Setelah penelitian paparkan pada bagian diatas sebelumnya, pada bagian ini peneliti akan memaparkan saran/ rekomendasi yang kiranya penting dan fositif sebagai bahan pertimbangan kepada phak-pihak terkait, rekomendasi diajukan kepada. Kepada Program studi pendidikan luar sekolah (PLS) fkip untirta, agar melakukan penelitian tracer setudi secara berkelanjutas setiap tahun, sehingga nantinya mampu untuk dijadikan sebagai bahan masukan untuk perbaikkan proses belajar mengajar institusi dan juga tracer studi dapat menjadi sebagai bahan untuk mengevaluasi kurikulum yang berlaku. yang dievaluasi, sehingga institusi dapat mengetahui  apakah kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan stakeholder atau belum. Selain dari hal tersebut tracer study juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengevaluasi materi-materi perkuliahan. Dari informasi tracer study akan diperoleh sesuai atau tidaknya materi perkuliahan dengan kebutuhan di pasar kerja. Bagi para alumni, maka  rencana tracer study ini perlu disosialisasikan kepada mereka. Sosialisasi ini amat berguna agar terbentuk saling pengertian di antara para alumni, sehingga alumni  akan berusaha memberikan informasi secara akurat. Alumni termotivasi membantu tracer study tentu saja karena hasil tracer study nantinya akan berguna bagi  masa depan alumni baik yang berkaitan dengan peningkatan karir, informasi kerja, hubungan personal ataupun bentuk-bentuk lainnya

Full Text:

PDF

References


B. Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikonto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Joesoef Soelaiman, 2004. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah.PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Joesoef, Prof Drs. Soeleiman. 1992. Konser Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta

Setiawan, B. dan A. Muntaha. 2000. Metode Penelitian Komunikasi II. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Jakarta.

Martini Imi, Skripsi. 2007. Penelitian Pendidikan di Provinsi Banten. Studi Koverhensif. Banten.

Furchan Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Usaha Nasional. Surabaya.

Kurdie Syuaeb, 2002. Pendidikan Luar Sekolah.CV. Alawiyah.Cirebon.

Faisal Sanapiah, 1981. Pendidikan Luar Sekolah.CV.Usaha Nasional. Surabaya.

Kamil Mustofa, 2009, Pendidikan Nonformal. Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia. Alfabeta.Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2960

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung