IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF PADA WARGA BELAJAR PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AL-ISTIQOMAH

Putri Septiani, Ila Rosmilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis implementasi metode pembelajaran aktif pada peserta didik Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Istiqomah. Pembelajaran aktif, yang menekankan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar, diharapkan dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman materi oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan pembelajaran langsung, wawancara mendalam dengan tutor dan peserta didik, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif di PKBM Al-Istiqomah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peserta didik. Mereka menunjukkan peningkatan dalam keterampilan berpikir kritis, kemampuan bekerja sama, serta rasa percaya diri dalam mengemukakan pendapat. Faktor kunci keberhasilan implementasi ini meliputi dukungan penuh dari pihak pengelola PKBM, pelatihan yang memadai bagi tutor, serta penggunaan media dan alat pembelajaran yang variatif dan relevan. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan yang dihadapi, antara lain keterbatasan fasilitas dan sumber daya, serta resistensi awal dari sebagian peserta didik terhadap metode baru ini. Untuk mengatasi tantangan tersebut, direkomendasikan adanya peningkatan fasilitas belajar, penambahan metode pembelajaran aktif bagi peserta didik, serta kontinuitas pelatihan bagi tutor. Secara keseluruhan, implementasi metode pembelajaran aktif di PKBM Al-Istiqomah menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan non-formal, khususnya bagi peserta didik Paket B.


Full Text:

PDF

References


Awaliyah, Y. S. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MEMPERLUAS JANGKAUAN WARGA BELAJAR (Studi pada Paket C di PKBM Al-Fattah) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Elian, A. F., & Ilyas, I. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif Pada Kursus Mahacoustic Music Management Di Kota Semarang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 111-120.

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204-222.

Hasibuan, M., Siregar, C. Z. P., Zanisti, H., & Siregar, Y. N. (2021). Peran Pendidikan Luar Sekolah Dalam Mewujudkan Pkbm Yang Efektif, Efisien Dan Produktif. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 41-49.

Meliana, A. T. (2020). Implementasi Prinsip-Prinsip Andragogi dalam Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Karya Manunggal Yogyakarta. Journal of Society and Continuing Education, 1(1), 8-21

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 30-41

Syah, R., & Ikhsanudin, D. D. (2021). PERAN PROGRAM KEAKSARAAN DASAR DALAM PERSPEKTIF PEREMPUAN DI PKBM LOMBOK TENGAH. Jurnal Akrab, 12(1), 1-9.

Telussa, R. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi pada Konsep Mobilitas Sosial Di Pkbm Mekar Sari Kabupaten Nabire Papua. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 8(2), 160-171.

Yanti, M., Safitri, A., & Qodratullah, F. (2022). Motivasi Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket C di kelompok Belajar Bonto Nyeleng Binaan SKB Bulukumba. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 1(1), 65-73.

Zaifullah, Z., Cikka, H., Kahar, M. I., Ismail, M. J., & Iskadar, I. (2023). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal di Era Society 5.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14539-14549.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v9i2.32206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung