STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YOGASMARA, SEMARANG
Abstract
STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YOGASMARA, SEMARANG
Titi Ivony, Liliek Desmawati
Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Email : [email protected],
ABSTRAK
Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran anak autis di SLB Autisma Yogasmara ada 4 macam, yaitu 1).SI (Sensori Integrasi); 2)Terapi Okupasi; 3)Terapi Bermain; dan 4) IP (Intervensi Perilaku). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan di SLB Autisma Yogasmara serta kelebihan dan kekurangan dari strategi yang digunakan. Subyek dari penelitian ini adalah pengajar, kepala sekolah dan juga orang tua murid. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah strategi pembelajaran yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak itu sendiri,kelebihan dari semua strategi sesuai dengan kebutuhan anak, kekurangan terkadang anak kurang nyaman dengan strategi yang diberikan.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran, AutismeFull Text:
PDFReferences
Bonnice, Sherry. 2009. Anak Yang Tersembunyi. Klaten: PT Intan Sejati
Bradway, Lauren.2003.Pola-pola Belajar.Jakarta :Inisiasi Press
Delphie,Bandi. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Klaten: PT Intan Sejati
Gagne,R.1981.The Conditions of Learning.New York:Holt,Rinehart and Winston
Hidayat, Dayat. 2016. Strategi Pembelajara Partisipatif dalam Meningkatkan Hasil Program PNF di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Eucatian, Vol 2. No 1.
Rifa’i, Achmad.2012.Psikologi Pendidikan.Semarang :UNNES Press
Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta
Screibman.1988.International Jurnal of Special Education, Vol 17.No. 2
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3512
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung