EVALUASI PROGRAM KURSUS KETERAMPILAN DI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) KARYA JELITA KOTA BANDUNG, JAWA BARAT (PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPPO)
Abstract
EVALUASI PROGRAM KURSUS KETERAMPILAN
DI LEMBAGA KURSUS PELATIHAN (LKP) KARYA JELITA
KOTA BANDUNG, JAWA BARAT
(PENERAPAN MODEL EVALUASI CIPPO)
Rani Sintiawati , Basuki Wibawa & Jenny Sista Siregar
Jurusan Teknologi Rias & Kosmetika
Fakultas Teknik
Universitas Negeri Jakarta
[email protected] , [email protected]
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian program pelatihan sebagai kegiatan untuk menentukan tingkat efektifitas suatu program pelatihan di LKP Karya Jelita Bandung, yang berfokus pada lima aspek evaluasi yaitu context, input, process, product dan outcome sehingga dapat mengungkapkan data tentang kegiatan pelatihan program kursus serta dampak dari hasil pembelajaran bagi peserta pelatihan kursus di LKP Karya Jelita Bandung untuk program pelatihan berikutnya. Teori yang dibahas dalam penelitian kegiatan program pelatihan kursus di LKP Karya Jelita dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif mixed methods, yang merupakan penelitian evaluasi dengan metode model evaluasi CIPPO dengan lima komponen, yaitu konteks, input, proses, dan produk serta outcome. sebagai upaya meningkatkan LKP Karya Jelita dengan program berikutnya agar menghasilkan lulusan yang bisa berwirausaha ataupun bekerja untuk meningkatkan pendapatan keluarga, serta satuan pendidikan luar sekolah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, angket dan dokumen. Analisis data menggunakan statistik Deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program di LKP Karya Jelita secara keseluruhan menunjukkan bahwa berjalan dengan baik dengan pencapaian sesuai tujuan,yang meliputi : 1) Evaluasi context sudah sesuai dengan SOP/Peraturan yang berlaku 2) Evaluasi Input yang terdiri dari aspek prosedur seleksi penerimaan sesuai SOP LKP Karya Jelita 3) Evaluasi Proses pada aspek proses perencanaan program pelatihan tidak diawali dengan identifikasi kebutuhan programds pelatihan dikarenakan keterbatasan anggaran,selanjutnya pada aspek pelaksanaan sudah berjalan dengan baik, aspek proses monitoring telah dilakukan sesuai SOP LKP Karya Jelita 4) Evaluasi Produk, Presentase tingkat kelulusan peserta pelatihan sebesar 100%. 5) Evaluasi Outcome, presentase tingkat keterserapan lulusan di dunia usaha dan industri serta wirausaha (outcome) .
Kata Kunci : Kursus, Evaluasi, Program, CIPPO, Dampak
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pelatihan, Pedoman Teoritis danPraktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pelatihan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
________________. Evaluasi Program Pelatihan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pelatihan, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
________________. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
________________: et. al, Evaluasi Program Pelatihan”, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Asmani, Jamal Ma‟mur. Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan, Diva Press: Yogyakata, 2011.
Blog Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, Metode Dan Desain Evaluasi Program PLS, Rabu, 03 Desember 2014
____________________________________, Tujuan Dan Alasan Evaluasi
Program Rabu, 03 Desember 2014
Bosker, J. Training Effectiveness, New York, Pergamon, 1997
Brown, M.J. The Effectiveness of Organization, California, Fearon, Balmont California, 1999.
Cuyvers, Guido. Kwaliteitsontwikkeling in het Onderwijs, Apeldoorn: Garant Uigevers N. V., 2002.
Daniel L. Stufflebeam ang Anthony J. Shinkfield, Evaluation Theory, Models and Application, San Fransisco:Jossey-Bass, 2007
Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan, Modul Pedoman Pengelolaan Mutu Lembaga Pelatihan Kerja (diakses di Bandung, 6 Agustus 2018).
Echa. Dalam Jurnal Pendidikan Non Formal, 1 Oktober 2015
Hamalik, Oemar. Evaluasi Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1993.
Sumber Internet :
http://portal.unesco.org/education/fr/files/36497/11168602313Scheerens.doc (diakses 26 Oktober 2016).
https://sivitasakademika.wordpress.com/2015/04/27/perencanaan-berbasiskinerja/#more- 431 (diakses 24 November 2016).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung