PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEBERHASILAN PROGRAM PAUD YANG TERINTREGRASI DENGAN POSYANDU
Abstract
PARTISIPASI MASYARAKAT
DALAM KEBERHASILAN PROGRAM PAUD
YANG TERINTREGRASI DENGAN POSYANDU
Aulia Abid Mahardika, Fakhruddin, Tri Suminar
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang
Semarang 50229, Indonesia
Email: [email protected]
Abstrak
Penelitian ini bertujuan; Mendeskripsikan bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam keberhasilan progam PAUD yang terintegrasi dengan posyandu, Mendeskripsikan faktor-faktor apakah yang mendukung dan yang menghambat partisipasi masyarakat dalam keberhasilan progam PAUD yang terintegrasi dengan posyandu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dpcumentasi sebagai pengumpulan data, dengan subyek penelitian terdiri dari orang tua wali murid, pendidik PAUD, pengelola PAUD, petugas posyandu dan kader posyandu, Tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan program PAUD yang terintegrasi dengan Posyandu, karena adanya partisipasi orang tua/wali murid, masyarakat, dan pemerintah baik dalam bentuk partisipasi finansial, material, akademik, kultural, evaluatif. Faktor penghambat partispasi masyarakat yaitu; sikap apatisme, rendahnya kepercayaan masyarakat, pandangan masyarakat. Faktor pendukung pola pikir masyarakat, pendidikan, akreditasi, sosialisasi tentang pentingnya pendidikan, persepsi terhadap pendidikan.
Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Paud & Posyandu
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Badan Pusat Statistik Kabupaten Kendal 2013. Kabupaten Kendal Dalam Anggka 2013 (Kendal In Figure 2013). Kendal : BPS.
Depkes. 2011. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. 28. Jakarta.
Moleong, J Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
..............(2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya Ofset.
Muslikh, Bahaddur. “Partisipasi Orang Tua Siswa Dalam Pembelajaran di SD Islam Terpadu Salman Al Farisi Yogyakarta”.Skripsi - Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, 2012.
Nasution.1988. Metodologi Penelitian Naturalistic Kualitatif. Tarsito: Bandung
Permendiknas no 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). 2012
Soetrisno, Loekman. 1995. Menuju Partisipasi Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: CV.Alfabeta.
Sutarto, Joko 2017. Determinant faktors Of The Effetiveness Learning Process And Learning Output Of Equivalent Educaton. Jurnal Far fast jurnal of Nomformal Education. Vol 1, February 2017, hlm 1 [Tersedia Online]: diakses Juli 2017.
Widjajanti, Kesi. Model Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12, Juni 2011, hlm 16. Diakses Maret 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung