IMPLEMENTASI PELATIHAN PENGELASAN WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG
Abstract
IMPLEMENTASI PELATIHAN PENGELASAN
WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI UPTD SKB SUSUKAN
KABUPATEN SEMARANG
Taufik Akbar Soleh, Tri Joko Raharjo
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Semarang
Email : [email protected]
Abstrak
Kepedulian penyelenggara pendidikan nonformal dengan lulusannya agar memiliki keterampilan dan kemampuan yang lebih untuk mengarungi hidup bermasyarakat. SKB merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bertugas melayani membantu dan menyelenggarakan serangkaian program dalam tugasnya sebagai salah satu lembaga pendidikan. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan serangkaian pelaksanaan pelatihan, hambatan dan solusi penyelesaian pelatihan pengelasan pada warga belajar kejar paket C di SKB Susukan Kabupaten Semarang. Subjek penelitian adalah kepala SKB, penyelenggara pelatihan, bagian tata usaha, tutor pelatihan dan warga belajar. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pelatihan pengelasan di dasarkan pada kepedulian pihak SKB dalam mengembangkan keterampilan warga belajar dengan perencanaan program yang terencana dengan memasukan pelatihan ke dalam kurikulum. Penghambatnya kurangnya partisipasi warga belajar terhadap pelatiha. Solusi memberikan motivasi tentang pelatihan yang di lakukan akan bermanfaat dan peningkatan program.
Kata Kunci : Pelatihan, kejar paket C, SKB
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aningtiyas, Enggar Sari. 2012. “Pengelolaan Kursus Musik (Studi Pada Lembaga Kursus Musik 99 Jl. Pattimura Raya Ungaran Kabupaten Semarang)”. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Volume 1.
Anwar. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Edukation). Bandung: Alfabeta
Fakhruddin. 2011. Evaluasi Program Pendidikan Nonformal. Semarang: Unnes Press
Hadi, Samsul. 2012. “Evaluasi Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Program Otomotif “. Jurnal Pendidikan
Vokasi. Vol 2, Nomor 2.
http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1036. (diakses tanggal 15 Juni 2016)
Nurhalim, Khomsum. 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Non Formal. Semarang: UNNES Press
Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Rifa’i, Achmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: Unnes Press
Siswanto. 2011. Pengantar Pengembangan Kurikulum Pelatihan Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES Press
Sudjana, Djudju. 2008. EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembngan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA
Sudjana. 2000. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production
Sutarto, Joko. 2007. PENDIDIKAN NONFORMAL Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, & Pemberdayaan Masyarakat. Semarang:UNNES-Press.
Sutarto, Joko. 2008. Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang. Unnes-Press
Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Yanama, Rindi. 2015. “Pengaruh Program Pelatihan Menjahit Terhadap Kemandirian Alumni Peserta Didik Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Citra Ilmu Kabupaten Semarang”. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Volume 1. Nomor 4
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4897
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung