PROSES PELATIHAN BAHASA KOREA PADA LEMBAGA PELATIHAN KERJA SWASTA KOREANINDO PULOKULON

Diana Wahyu Kartikawati, Joko Sutarto & Bagus Kisworo

Abstract


PROSES PELATIHAN BAHASA KOREA PADA LEMBAGA

PELATIHAN KERJA SWASTA KOREANINDO PULOKULON

Diana Wahyu Kartikawati, Joko Sutarto,

 Bagus Kisworo

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang

dianawahyu95@gmail.com

jokotarto@mail.unnes.ac.id

bagus.kisworo@mail.unnes.ac.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses pelatihan bahasa Korea di LPKS Koreanindo Pulokulon, dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawacara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) proses pelatihan bahasa Korea di LPKS Koreanindo Pulokulon: bertujuan membantu masyarakat yang ingin bekerja di Korea dengan pembekalan bahasa dan budaya Korea sehingga dapat lulus ujian EPS-Topik dan bekerja di Korea. Pelatihan berlangsung selama ± 4 bulan. Materi pelatihan yaitu materi dari modul dan teks book. Metode yang digunakan disesuaikan dengan materi yang disampaikan. Media yang digunakan mendukung proses pelatihan. Evaluasi dilakukan menggunakan evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pelatihan yaitu hambatan pelatihan, motivasi warga belajar, kualitas tutor/instruktur, lingkungan belajar, dan suasana kelas.

 

Kata Kunci: Proses, Pelatihan, Bahasa

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asfaw, Adeba Mituku, et at. 2015. The Impact of Training and Development on Employee Performance and Effectiveness: A Case Study of District Five Administration Office, Bole Sub-City, Addis Ababa, Ethiopia. Journal of Human Resource and Sustainability Studies. Volume 3 Halaman: 188-202.

Depdiknas RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djumarah, Saiful Bahri dan Zain, Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iskandawassid dan Sunendar, Dadang. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Rosdakarya.

Kamil. Mustofa. 2012. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabet.

Muchtadi, Deddy. 2012. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung:Alfabeta

Rahmadhani, Reni. 2014. Pengaruh Pelatihan, Pengembangan dan Pengalaman Kerja terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 3 Nomer 6.

Ratminingsih, N. M. 2016. Efektivitas Media Audio Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Lagu Kreasi di Kelas Lima Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesi. Volume 5 Nomer.1.

Rifa’i, Ahmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES PRESS.

Rifa’i, Ahmad dan Anni, Catharina Tri. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Siswanto. 2011. Pengantar Pengembangan Kurikulum Pelatihan Pendidikan Non Formal. Semarang: UNNES PRESS.

. 2013. Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non Formal. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Steffany dan Pratiningsih. 2013. Analisis Penerapan Human Resource Training and Development dan Efektivitasnya pada PT. Jaya Mas Mandiri Plus Surabaya. AGORA. Volume 1 Nomer 3.

Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijanto. 2008. Pendidikan Orang Dewasa Dari Aplikasi Hingga Aplikasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish

. 2017. Deteterminant Factors of The Effectiveness Learning Process and Learning Output of Equivalent Education. Advances in Sosial Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Volume 88.

Triton. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia: Persepektif Partnership dan Kolektivitas. Jakarta: ORYZA.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i1.6274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung