POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK (STUDI DI DESA GONDORIYO, KEC. BERGAS, KAB. SEMARANG)

Heri Susanto & Ilyas

Abstract


POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK

(STUDI DI DESA GONDORIYO, KEC. BERGAS, KAB. SEMARANG)

HERI SUSANTO & ILYAS

 

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang

 

Pls.1.13012@gmail.com

ilyas.pnf@mail.unnes.ac.id

 

ABSTRAK

Bakat kreatif sesungguhnya dimiliki setiap anak, namun pada kenyataannya setiap anak memiliki kreativitas yang berbeda. Kreativitas anak dapat berkembang dengan optimal, apabila orang tua dapat bersikap demokratis dalam mendidik anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orang tua dan faktor-faktor yang mengghambat dan mendukung perkembangan kreativitas anak. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari 3 keluarga dan 3 orang anak di Desa Gondoriyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan oleh 3 keluarga berbeda-beda dalam mengembangkan kreativitas anak, hal ini dipengaruhi oleh tingkat usia anak. Faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain kebebasan, nilai bukan aturan, menghargai kreativitas anak, memberikan dukungan, dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan, aturan yang terlalu ketat, pemberian hadiah yang berlebihan, keterpaduan waktu dan peralatan bermain yang terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua tidak selamanya otoriter maupun demokratis. Selain itu, orang tua juga memberikan kebebasan dan tidak membatasi eksplorasi maupun rasa keingintahuan anak

 

Kata Kunci: Anak, Kreativitas, Pola asuh.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, 2010. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tingkat Agresivitas Anak. Universitas Negeri Makasa: Jurnal Medtek, Vol. 2, No. 1, hal: 3-7.

Galih. 2009. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pola Asuh Anak Pada Masyarakat Desa Campurejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali. Jurnal Ilmiah Kebidanan, Vol. 4 No. 1, hal 3-14.

Greenwood, B. 2013. The Baumrind theory of parenting styles. Global Post International News. Retrieved Desember 15,2013 from everyday.globalpost.com/baumrind-theory-parenting-styles-6147.html

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kaisa, A., Hakan, S., & Jari-Erik, N. 2000. Parenting styles and adolescents’achievement strategies. Journal of Adolescence, 23(2): 205-222.

Kartono, Kartini. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Enreco

Khaeratun Nisak, Henik. 2013. Pola asuh orang tua dalam menanamkan kedisiplinan anak. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lestari, Barkah. 2006. Upaya Orang Tua Dala Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan 3(1): 17-24.

Mayang Sari, Sriti. 2005. Peran Wanita Interior Terhadap Perkembangan dan Pendidikan Anak di Taman Kanak-Kanak. Karya Tulis Ilmiah, Jurnal Dimensi Interior Vol.2, No.1. Surabaya: Puslit Univ Kristen Petra.

Muallifah. 2009. Psico Islamic Smart Parenting. Yogyakarta: Diva Press.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianggraini, 2012. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Nurhalim, Khomsun. 2015. Pola Penanaman Nilai-Nilai Moral Religius di TKIT Arofah 3 Bade Klego Boyolali. Journal of Nonformal Education, 3(1): 53 – 59.

Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Reni Akbar dan Hawadi, Psikologi. 2010. Menguatkan Bakat Anak.Jakarta: PT Gramedia.

Ristiani, Ema Putri. 2015. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Dalam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan III Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Setianingsih, D. 2007. Perbedaan kedisiplinan belajar siswa ditinjau dari pola asuh orang tua. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, Drs Hendra. 2007. Percaya Diri Itu Penting: Peran orang tua dalam membangun percaya diri anak. Jakarta: PT Elex Media Komput Indo.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, & Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: Unnes Press.

Teviana F & Maria A.Y. 2012. Pola asuh orang tua terhadap tingkat kreativitas anak. Jurnal STIKES, 5(1): 56.

Yusniyah. 2008. Kreativitas Anak Prasekolah. http://uepicentrum.com tanggal 8 Februari 2017 Jam 08.11 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i1.6276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung