EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI AHLAN WASAHLAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MENARI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KRAMATWATU KABUPATEN SERANG-BANTEN

Mila Nur Widiyani, Sudadio & Ahmad Fauzi

Abstract


EFEKTIVITAS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI AHLAN WASAHLAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MENARI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM AL-FIRDAUS KRAMATWATU KABUPATEN SERANG-BANTEN

 

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA

 

Mila Nur Widiyani, Sudadio, Ahmad Fauzi

mila.nurwidiyani@gmail.com, Dr.dio@untirta.ac.id, fauzipls@untirta.ac.id

 

ABSTRAK

 

Masalah dalam penelitian ini adalah Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari Ahlan Wasahlan dalam Mengembangkan Bakat Menari Warga Belajar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kramatwatu Kabupaten Serang-Banten. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut (1) Untuk mengetahui efektivitas kegiatan ekstrakurikuler seni tari Ahlan Wasahlan dalam mengembangkan bakat menari warga belajar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kramatwatu Kabupaten Serang-Banten; (2) Untuk mengetahui dampak kegiatan ekstrakurikuler seni tari Ahlan Wasahlan terhadap perkembangan bakat menari warga belajar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kramatwatu Kabupaten Serang-Banten. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari Ahlan Wasahlan dalam mengembangkan bakat menari warga belajar Paket C di PKBM Al-Firdaus Kramatwatu Kabupaten Serang-Banten. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini berjumlah 7 orang, yaitu 1 orang Kepala PKBM, 1 orang Pembina ekstrakurikuler seni tari, dan 5 orang peserta ekstrakurikuler seni tari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler seni tari Ahlan Wasahlan cukup efektif dalam mengembangkan bakat menari warga belajar Paket C yang dapat dilihat melalui kualitas pembelajaran tari, ketercapaian target, ketercapaian tujuan dan manfaat ekstrakurikuler seni tari; (2) Dampak dari kegiatan ekstrakurikuler seni tari Ahlan Wasahlan di PKBM Al-Firdaus adalah meningkatkan kepercayaan diri peserta, mengembangkan bakat peserta, menambah pengetahuan tari, menambah pengalaman baru peserta, melestarikan seni tari; (3) Faktor yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler seni tari Ahlan Wasahlan di PKBM Al-Firdaus yaitu pembina aktif, tersedianya sarana dan prasarana, serta peluang ikut pentas tari. Sedangkan faktor yang menghambat adalah kurangnya motivasi peserta, keterbatasan waktu, dan kurangnya konsentrasi peserta.

 

 

Kata Kunci : Ekstrakurikuler Seni Tari Ahlan Wasahlan, Mengembangkan Bakat Menari


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arum, Wahyuni Susi dan Nailul Falah. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Program Pilihan Studi Peserta Didik MAN 1 Magelang. Vol.12. No.2

Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Irmawati, Anggun. (2016). Penanaman Karakter Percaya Diri Melalui Ekstrakurikuler Angklung di SMP Negeri 7 Pemalang Kabupaten Pemalang. (Skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Januar, Nurmala Tria. (2016). Efektivitas Pelatihan Tata Kecantikan Rambut dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal (BPPNF) Provinsi Banten.

Komalarsih, Rakanita Dyah Ayu. (2013). Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Seni Tari. Vol. 2 No. 1 Hal. 6.

Kusmawanti, Imas Ayu. (2013). Tari Ahlan Wasahlan di Sanggar Wanda Banten. (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Lail, Jamalul dan Romzatul Widad. (2015). Belajar Tari Tradisional dalam Upaya Melestarikan Tari Tradisional Indonesia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vol.4 No.2 Hal.102

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk Sekolah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Slavin, R.E. (2000). Education Psychology: Theory and Practice. Sixth Education. Boston: Allyn and Bacon.

Sopiatin, Popi. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalih Indonesia.

Undang- undang Dasar 1945 Pasal 31. Jakarta: CV Sinar Grafika

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Wicaksono, Agung. (2009). Efektivitas Pembelajaran. Jakarta: PT. Gramedia.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: PT. Ar-ruzz Media.

Permendikbud Nomor 62. (2014). Tentang Kagiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Kemendikbud.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 39. (2008). Tentang Pembinaan Kesiswaan, Jakarta: CV. Tamita Utama

http://hadirukiyah.blogspot.com/2009/05/faktor-yang-mempengaruhi-kualitas.html?m=1

diakses pada 24 Mei 2019 pada pukul 05.30 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i1.6277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung