MOTIVASI DAN KEBUTUHAN WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI KURSUS DI LPK BAHASA KOREA ASIANA BAWEN

Muktining Tyas Santri Dewi, Amin Yusuf

Abstract


MOTIVASI DAN KEBUTUHAN WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI

KURSUS DI LPK BAHASA KOREA ASIANA BAWEN

 

Muktining Tyas Santri Dewi, Amin Yusuf

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,

Universitas Negeri Semarang, Indonesia`

tyaspark@gmail.com, aminyusuf@mail.unnes.ac.id

 

ABSTRAK

Era global menuntut masyarakat perlu mempunyai skill yang cukup dalam menghadapi ketatnya persaingan dalam memperoleh pekerjaan Kursus diselenggarakan sebagai sarana pendidikan nonformal untuk memenuhi kebutuhan belajar yang timbul dalam masyarakat. Seseorang akan belajar manakala memiliki motivasi guna  memenuhi  kebutuhan  untuk mencapai  tujuan  belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui kebutuhan belajar warga belajar yang menikuti kursus di LPK Asiana Bawen (2) mengetahui motivasi belajar warga belajar dalam mengikuti kursus di LPK Asiana Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan  deskriptif  kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari informan utama yaitu warga belajar dan  pendamping  serta informan pendukung yaitu pengelola. Subjek  penelitian  berjumlah  8orang,  yang  terdiri  dari  5 warga belajar,  2  orang  tutor dan 1 orang pengelola.  Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Teknik  penganalisisan  data  yang  digunakan  dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Warga belajar LPK Asiana Bawen memiliki kebutuhan belajar yang tujuannya untuk mendapatkan ijazah sebagai persyaratan pekerjaan guna meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Adapun kebutuhan warga belajar ditentukan dari latar belakang dan alasan warga belajar2) Motivasi  warga  belajar  dalam  mengikuti  kursus  adalah  terkait motivasi  yang  dimiliki  warga  belajar  dalam  mengikuti  kursus  bisa  dilihat dari  keaktifan,  kehadiran,  kesiapan  warga  belajar  untuk  menerima  materi yang  disampaikan  oleh  tutor dalam  mengikuti  kursus. Motivasi belajar warga belajar di LPK Asiana Bawen dipengaruhi oleh pendukung dan faktor penghambat baik faktor dari dalam dan faktor dari luar.

 

Kata kunci :Motivas Belajar, Kebutuhan Belajar, Pelatihan Kursus

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basri. Muh. Arfah. 2018. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Takalar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal: Pengembangan melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta.

Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.

Moleong, J. Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sayyidatul, Rohman. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, Volume 10, Nomor 1. Semarang: UIN Walisongo.

Siswanto. 2013. Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non-Formal.Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.UNNES-Press

Sutarto, Joko. 2008. Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES-Press.

Uno, Hamzah. 2015. Teori Motivasi& Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung