MOTIVASI DAN KEBUTUHAN WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI KURSUS DI LPK BAHASA KOREA ASIANA BAWEN
Abstract
MOTIVASI DAN KEBUTUHAN WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI
KURSUS DI LPK BAHASA KOREA ASIANA BAWEN
Muktining Tyas Santri Dewi, Amin Yusuf
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Semarang, Indonesia`
[email protected], [email protected]
ABSTRAK
Era global menuntut masyarakat perlu mempunyai skill yang cukup dalam menghadapi ketatnya persaingan dalam memperoleh pekerjaan Kursus diselenggarakan sebagai sarana pendidikan nonformal untuk memenuhi kebutuhan belajar yang timbul dalam masyarakat. Seseorang akan belajar manakala memiliki motivasi guna memenuhi kebutuhan untuk mencapai tujuan belajarnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui kebutuhan belajar warga belajar yang menikuti kursus di LPK Asiana Bawen (2) mengetahui motivasi belajar warga belajar dalam mengikuti kursus di LPK Asiana Bawen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari informan utama yaitu warga belajar dan pendamping serta informan pendukung yaitu pengelola. Subjek penelitian berjumlah 8orang, yang terdiri dari 5 warga belajar, 2 orang tutor dan 1 orang pengelola. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) Warga belajar LPK Asiana Bawen memiliki kebutuhan belajar yang tujuannya untuk mendapatkan ijazah sebagai persyaratan pekerjaan guna meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. Adapun kebutuhan warga belajar ditentukan dari latar belakang dan alasan warga belajar2) Motivasi warga belajar dalam mengikuti kursus adalah terkait motivasi yang dimiliki warga belajar dalam mengikuti kursus bisa dilihat dari keaktifan, kehadiran, kesiapan warga belajar untuk menerima materi yang disampaikan oleh tutor dalam mengikuti kursus. Motivasi belajar warga belajar di LPK Asiana Bawen dipengaruhi oleh pendukung dan faktor penghambat baik faktor dari dalam dan faktor dari luar.
Kata kunci :Motivas Belajar, Kebutuhan Belajar, Pelatihan Kursus
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Basri. Muh. Arfah. 2018. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Takalar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal: Pengembangan melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta.
Kamil, Mustofa. 2012. Model Pendidikan Dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Moleong, J. Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sayyidatul, Rohman. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum, Volume 10, Nomor 1. Semarang: UIN Walisongo.
Siswanto. 2013. Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non-Formal.Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.UNNES-Press
Sutarto, Joko. 2008. Identifikasi Kebutuhan dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES-Press.
Uno, Hamzah. 2015. Teori Motivasi& Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung