PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI BBPLK SEMARANG

Sekar Anggayuh Laras, Achmad Rifai

Abstract


PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR

PESERTA DIDIK DI BBPLK SEMARANG

 

Sekar Anggayuh Laras, Achmad Rifai

Jurusan Pendidikan Nonformal FIP Universitas Negeri Semarang

sekaranggayuhlaras@gmail.com, rifaipls@mail.unnes.ac.id

 

ABSTRAK

 

 

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pelatihan di BBPLK Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik kuisioner, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis deskriptif pada variable minat diperoleh rata-rata sebesar 77,38% berada dalam kategori tinggi dan variable motivasi sebesar 75,86% berada dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai simultan Motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata 75,86% berada dalam kateori tinggi. Analisis deskriptif pada variabel dari minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh rata-rata 82,83%, terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik.

 

 

Kata kunci : Minat, Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arbarini, Mintarsih & Sri Jutmini & Soetarno Joyoatmojo & Sutarno. 2018. Effect of Participatory Learning Model on Function Literacy Education. Journal Of Nonformal Education. Vol 4(1) P.14-15

Alqusyairi, Syarif. Kamus Akbar Arab. Surabaya; Giri Utama; Hal. 68

A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

A.M, Sardiman. 2001. Interaksi dan motivasi belajar mengajar.Jakarta;PT. Raja Grafindo Persada; hal 21

Arikunto,S.2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar Fisika. Jurnal Formatif. Vol 5(1). P. 68-69

Budiwibowo, Arief Kukuh & Khomsun Nurhalim. 2016. Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar warga belajar kejar paket C. Journal Of Nonformal Education. Vol 2(2). P. 168-169

Burhan, Nurgianto. 1988. Dasar-dasar pengembangan kurikulum sekolah. Yogyakarta:BPFE:Hal.42

Dabrowski, Joan & Tanji Reed Marshall. 2018. Motivation & Engagement in Student Assigment. Journal The Education Trust. P.1-2

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya; 2012; hal.39

Edi Suswardji, dkk, 2012, “Ananlisis Positioning Produk IM3: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang”, JURNAL Ilmu Pendidikan, (online)

Falaly, Elsa Ardhila & Ilyas. 2016. Pengaruh pelatihan keterampilan sapu glagah terhadap minat berwirausaha pemuda desa Gunungsari Kecamatan Pulosari. Journal of Nonformal Education. Vol 2(2) P. 144-145

Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan UNSIKA. Vol 3(1). P.34-35

Gani, Abdul. 2015. Pengaruh model pembelajaran dan persepsi tentag matematika terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri di Kecamatan Selomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Mathematis. Vol 3(3) P.337-338

Ghozali, Imam. (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Gomez. Juan Sebastian Basallo. 2016. Adult EFL Reading Selection. Journal Profile. Vol 18(1). P.167-181

Gusniawati, Mira. 2015. Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon jeruk. Jurnal Formatif. Vol 5(1).P. 26-27

Hamalik, Oemar.1992; Psikologi Belajar Mengajar; Bandung; Sinar Baru.

Hamdu, Ghullam. 2011. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12(1). P.232-233

Haryani, Diah & Tri Joko Raharjo. 2016. Pelatihan Pengelolaan sampah rumah tangga dalam memotivasi berwirausaha ibu rumah tangga. Journal Of Nonformal Education. Vol 2(2). P.137-138

Hastuti, Septiyana Dwi & Ilyas. 2017. Strategi Pembelajara pelatihan menjahit sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak Tunagrahita. Journal of Nonformal Education. Vol 3(1). P.72-73

Heriyati, 2017. Pengaruh minat dan motivasi. Jurnal Formatif 7(1): 22-32 ISSN: 2088-351X

Hermawati, Ni Wayan Manik. 2012. Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap penguasaan konsep biologi dan sikap ilmiah siswa SMA ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran IPA Indonesia. Vol 2(2). P.13-14

Isnaini, Gatot. Dinar Tiara Nadip Putri. 2015. Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurusan Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Jurnal Formatif, Vol 1(2)

Jyrki, Loima & Vibulphol, Jutarat. 2004. Internal interest or External Performing A Qualitative Study on Motivation dan Learning Of 9th Graders in Thailand Basic Education. Journal of Education and Learning. Vol 3(3). P.198-199

Jyrki, Loima & Vibulphol, Jutarat. 2016. Learning and Motivation in Thailand A Comparative Regional Study on Basic Education Ninth Graders. Journal Internasional Education Studies. Vol 9(1). P. 3-36

Kamil, Mustofa. (2012). Model Pendidikan Dan Pelatihan: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Kisworo, Bagus. 2017. Implementasi media pembelajaran berbasis primsip-prinsip pendidikan orang dewasa di PKBM Indonesia Pusaka Ngaliyan Semarang. Journal of Nonformal Education. Vol 3(1). P.81-82

Koranti, Komsi. 2013. Analisi Pengaruh faktor eksternal dan Internal terhadap minat berwirausaha. Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil ). Vol 5. P 4-5

Lestari, Indah. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Formatif. Vol 3(2). P.115-116

Lestari, Karunia Eka. 2014. Implementasi Brain Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA.Vol 2(1).

Margaretha G.Mona, John S. Kekenusa, Jentje D.Prang. 2015. Penggunaan Regresi Linier Berganda untuk menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Jurnal Formatif. Vol.4(2)

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Mujiati & Tri Joko Raharjo & Achmad Rifa’i RC. 2019. The Analysis of learning model in office administration training at Semarang Job training development center. Journal of Nonformal Education. Vol 5(1). P. 25-26

Nailufar, Nina & Rasdi Ekosiswoyo & Sungkowo Edi Mulyono. 2019. The Implementation analysis of total quality management in clothing seing training. Journal Of Nonformal Education. Vol 5(1). P.67-68

Noviyanti, Mery. 2011. Pengaruh motivasi dan keterampilan berkomunikasi terhadap prestasi belajar mahasiswa pada tutorial online berbasis pendekatan konstektual pada mata kuliah statistika pendidikan. Jurnal Pendidikan. Vol 12(2). P.80-81

Nurhasanah. Siti A Subandi. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 1(1). P.128-135

Nurhayati, Emmy & Joko Sutarto & Sungkowo Edi Mulyono. 2018. Motivation as Mediation variable in the effect of knowledge level and socio economics states participation of PUS ( couples of Reproductive Age ). Journal Of Nonformal Education. Vol 4(1). P.25-26

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putrayasa, Made & H. Syahruddin & Gede Margunayasa. Pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2. P.186-187

Putri, Dinar Tiara & Gatot Isnaini.2015. Pengaruh minat dan motivasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. Jurusan Penidikan Bisnis dan Manajemen Vol.1(2). P.118-119

Prasetyo, Ardian Dwi. 2015. Meningkatkan hasil belajar. SKRIPSI. FKIP UMP.

Prayitno, Dasar Teori dan Praksis Pendidikan; Jakarta; Grasindo; 2009; Hal. 63

Rahayu, Margining. Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Ketintang Surabaya. Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. JURNAL, Volume 1(2), (Online,

Rivai, Veithzal, 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, dari Teori ke Praktik, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Saleh, Minhayati. 2014. Pengaruh motivasi, faktor keluarga, lingkungan kampus an aktif berorganisasi terhadap prestasi akademik. Jurnal Phenomenon. Vol 4(2). P.110-111

Sawiji, Hery & Ridaul Inayah & Trisno Martono. 2013. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri. Vol 1(1). Hal 2-3

Siagian, Roida Eva Flora. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 2(2).P 122-131

Sufyan, Muhammad Anis & Khomsun Nurhalim & Imam Shofwan. 2019. Learning Management of Nonformal Education units in Sanggar Kegiatan belajar. Journal Of Nonformal Education. Vol 5(1) P. 57-58

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sukiyasa, Kadek & Sukoco. 2013. Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomatif. Jurnal Pendidikan Vokasi.Vol 3(1). P.127-128

Syarif, Huddin. 2012. Pengaruh model blended learning terhdap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 2(2). P.235-236

Tambunan, Hardi. 2018. The Dominant Factor of Teacher’s Role as A Motivator of Student’s Interest and Motivation in Mathematics Achievement. Journal Internasional Education Studies.Vol 11(4). P.144-145

T. Aritonang, Keke. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur,Tahun ke 7, No. 10.

Umar Tirtarahardja dan Lasula, Pengantar Pendidikan; Jakarta; Rineka Cipta;2000; Cet ke-1; hal. 52-53

Walgito, Bimo.1981; Pengantar Psikologi Umum;Fakultas Psikologi UGM;Yogyakarta

Widiyoko, S. Eko Putro. 2012. Pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. Vol 2. P.110-11

Winkel. W.S. 1983; Psikologi Pengajaran;Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana Indonesia.

Wulandari. Bekti & Herman Dwi Surjono. 2013. Pengaruhh Problem- Based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 2(2). P.179-180




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung