IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ANDRAGOGI PADA PELATIHAN PEMBUATAN TAHU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA DI PKBM AL-ISHLAH PABUARAN RANGKASBITUNG

Indri Yusnia Nisa, Sudadio Sudadio, Herlina Siregar

Abstract


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ANDRAGOGI

PADA PELATIHAN PEMBUATAN TAHU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN

 BERWIRAUSAHA DI PKBM AL-ISHLAH PABUARAN RANGKASBITUNG

 

Indri Yusnia Nisa, Sudadio, Herlina Siregar

Pendidikan Non Formal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

 

Indrye97@gmail.com, Dr.Dio@untirta.co.id, herlina.siregar@untirta.ac.id

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Andragogi Pada Pelatihan Pembuatan Tahu Untuk meningkatkan kemampuan Berwirausaha Di PKBM AL-Ishlah Pabuaran Rangkasbitung. Dilatar belakangi oleh faktor pendidikan yang rendah, minimnya modal untuk pengembangan. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementas model pembelajaran andragogi pada  pelatihan pembuatan tahu untuk meningkatkan kemampuan berwira usaha di PKBM AL-Ishlah Pabuaran Rangkasbitung? 2) Bagaimana hasil implementas model pembelajaran andragogi pada pelatihan pembuatan tahu untuk meningkatkan kemampuan berwira usaha?. 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementas model pembelajaran andragogi pada pelatihan pembuatan tahu untuk meningkatkan kemampuan berwira usaha di PKBM AI-Ishlah Pabuaran Rangkasbitung?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, agar lebih tergambar jelas dalam penulisan hasil dari penelitian tersebut. Dan untuk mengetahui hasil dari penelitian, peneliti menggunakan kisi-kisi instrumen, pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari hasil wawancara dengan 2 orang tutor 7 orang peserta pemberdayaan. Hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan yaitu. 1) implementasi model pembelajaran andragogi pada pelatihan pembuatan tahu untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha di PKBM Al-Ishlah Pabuaran Rangkasbitung. adanya penyampaian materi dari tutor/instruktur pelatihan sesuai materi yang sudah disepakati bersama, dan pelaksanaan pelatihan dilakukan di pabrik tahu karena untuk pelatihan pembuatan tahu kerja sama dangan pihak pabrik tahu, kemudian adanya tanya jawab atau diskusi guna memberikan pemahaman penuh terhadap peserta dalam materi yang sudah dibahas.2)Hasil implementasi model pembelajaran andragogi pada pelatihan pembuatan tahu dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha (PKBM) Al-Ishlah Rangkasbitung.dapat di simpulkan  peserta pelatihan mengetahui dan memahami materi tentang pembuatan tahu dari mulai menyiapkan bahan, membuat tahu dan sampai memasarkan produk tahu. Kemampuan peserta pelatihan dalam mengaplikasikan materi yang sudah diajarkan, dapat dilihat dari cara peserta mengaplikasikan tata  cara pembuatan tahu dengan baik dan benar serta mampu berwirausaha dengan baik..3 Faktor Pendukung dan faktor penghambat implementasi model pembelajaran andragogi pada pelatihan pembuatan tahu dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha (PKBM) Al-Ishlah Rangkasbitung. faktor pendukung dalam pelatihan ini keinginan peserta untuk memiliki kemampuan membuat tahu dan kemampuan untuk berwirausaha mandiri, tutor yang berkompeten, alat dan bahan yang lengkap.

 

Kata kunci: Implementasi Model Pembelajaran, Pelatihan Pembuatan Tahu, Usaha Mandiri.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Wahab, Solichin.2004 Analisi Kebijaksanaan dari Formulasi ke implementasi kebijaksanaan negara.Jakarta: Bumi Aksara

Anisah BaslemandanSyamsu Mappa. (2011). Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Abas, Sunarya, PO. Dkk,2011, Kewirausahaan. Yogyakarta: CV ANDI Alma, buchari, 2011, Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Abdul Wahab, Solichin. 2004. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. --Jakarta: Bumi Aksara.

Alma, Buchari, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta: Bandung.

Arif, Zainuddin (1994) Andragogi.Bandung: Angkasa.

Bungin, Burhan, 2008, Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Danim, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung:Alfabeta

E. Mulyasa. 2009.Praktik Penelitian Tindakan Kelas.Bandung : Rosdakarya

Kamil Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Pembelajaran Mengajar (PKBM) di Indonesia (sebuah pembelajaran komika di jepang) Bandung: Alfabeta.

Lunadi, A, G, (1987). Pendidikan Orang Dewas. Jakarta: Gramedia

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebiato. 2013. Pemberdayaan Masyarakat

dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Sudjana. (2004). Pendidikan Nonformal. Bandung : Falah Production.DwiSiswoyo, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press

Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT.Remaja Rosda Karya

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Jana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Mustofa Kamil (2012). Model Pendidikan dan Pelatuhan. Bandung. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung