PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN

Fiqri Ana Cintia Putri, Achmad Rifai

Abstract


PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER

 ANAK USIA DINI DI KB BINA CITRA CENDEKIA UNGARAN

 

1Fiqri Ana Cintia Putri, 2Achmad Rifai

 

12Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP

Universitas Negeri Semarang

 

1fiqriana.cintia@gmail.com,2 rifaipls@mail.unnes.ac.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan:Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter KB Bina Citra Cendekia Ungaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 pendidik kelas KB A, dan 3 orangtua siswa KB A. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber,metode, dan teori. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penyelenggaraan Program Pendidikan Karakter KB Bina Citra Cendekia Ungaran mencakup 5 aspek yang dilaksanakan dengan baik oleh kepala sekolah dan pendidik. Penyelenggaraan program dilaksanakan dengan tahapan pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, sarana yang digunakan, sistem penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, serta kendala dan faktor pendukung.

Kata Kunci: Penyelenggaraan Program, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adibatiin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran Pakem Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 6, No. 1, Hal 3.(diakses pada tanggal 24 Maret 2019 pukul 21.03)

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol 8, No. 1, Hal 2.(diakses pada tanggal 22 Maret 2019 pukul 23.14)

Anisah, S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol 5, No. 1, Hal 75.(diakses pada tanggal 22 Maret 2019 pukul 23.19)

Cahyani, A. M. (2017). Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini Pemula di Kecamatan Grabag. Journal of Nonformal Education, Vol 3, No. 1, Hal 48.(diakses pada tanggal 30 Juli 2019 pukul 21.39)

Carl J, e. a. (2018). Developing Evidance-Informed Early Childhood Intervention E-Learning Lessons, Performance Checklist and Practce Guides. Journal of Education and e-Learning Research, Vol 5, No. 4, Page 243.( diakses pada tanggal 23 Agustus 2019 pukul 21.11)

Fadli, M. (2016). Pemikiran Howard Gardner Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal, Vol 1, No. 1, Hal 70.(diakses pada tanggal 14 Maret 2019 pukul 21.03)

Fika Fandunisa, Y. A. (2014). Peranan Orangtua Dalam Memfasilitasi Minat Belajar Anak Usia Dini(Studi Pada Paud Handayani Desa Salem Kecamatan Salem Kabupaten Brebes ). Journal of Non Formal Education andCommunity Empowerment, Vol 3,No 2, Hal 3.(diakses pada tanggal 23 Agustus 2019 pukul 21.31)

Handayani&Utsman, D. S. (2014). Penyelenggaraan Paud Berbasis Pendidikan Al-Qur'an (Studi Pada Paud-TPQ Nurul Huda di Jalan Pancursari IV Kelurahan Jangli Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 3, No. 1, Hal 40.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 19.11)

Ihsana. 2015. Manajemen Paud (Pendidikan Anak Usia Dini): Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: 2015

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, Vol 7, No. 2, Hal 202.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 15.59)

Kristiawan, R. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol 2, No. 1, Hal 80.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2018 pukul 11.28)

Kumtiyah & Mulyono, S. (2015). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain "Mekar Setia Budi" Di Desa Penangkan Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 4, No1, Hal 8.(diakses pada tanggal 23 Agustus 2019 pukul 19.28)

Kuntoro, S. A. (2006). Pendidikan Nonformal (PNF) Bagi Pengembangan Sosial. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, Vol 1, No. 2, Hal 15.(diakses pada tanggal 18 Maret 2019 pukul 21.47)

Kusumastuti, E. (2004). Pendidikan Seni Tari Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Tadika Puri Cabang Erlangga Semarang Sebagai Proses Alih Budaya. Harmonia Journal of Arts Research and Education, Vol 5, No. 1, Hal 8.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 15.31)

Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak , Vol 5, No. 1, Hal 749.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 12.19)

Mehmet Ulger, S. Y. (2013). Secondary School Teacher's Belief On Character Education Competency. Social and Behavioral Sciences, 131, Page 442.(diakses pada tanggal 23 Maret 2019 pukul 21.14)

Moleong. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Muarifuddin, M., Prasetyo, F. W. & Sari, N. P. (2018). Model Desain Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket Cdi Satuan Pendidikan Nonformal Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowermetn, Vol 2, No, 2, Hal 158.(diakses pada tanggal 23 Agustus 2019 pukul 22.29)

Mulyono, A. W. (205). Peran Kelompok Bermain Dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Journal of Non Formal Education andCommunity Empowerment, Vol 4, No. 1, Hal 32.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 18.55)

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Nugraha, E. (2016). Evaluasi Pendidikan Pada Jenjang Paud. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No. 2, Hal 108.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 14.18)

Nugraheni&Fakhruddin, S. (2014). Persepsi dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Lembaga Paud Sebagai Tempat Pendidikan Untuk Anak Usia Dini(Studi Pada Oran Tua di Desa Tragung Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang). Journal of Non Formal Education andCommunity Empowerment, Vol 3, No. 2, Hal 51.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 18.42)

Patriana, M. M. (2015). The Significance of Environmental Contents in Character Education for Quality of Life. Social and Behavior Sciences, 222, Page 244.(diakses pada tanggal 24 Maret 2019 pukul 21.20)

Putri Isnaeni Kurniawati, S. A. (2013). Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 1, No. 1, Hal 99.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 15.13)

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol 08, No. 01, Hal 28.(diakses pada tanggal 23 Agustus 2019 pukul 22.41)

Resthi Anindita, S. S. (2013). Model Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini(Studi Kasus di Kelompok Bermain "Tunas Bangsa" Unit Pelaksana Teknis Dinas Sanggar Kegiatan Belajar Grobogan Kabupaten Grobogan). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment, Vol 2, No. 1, Hal 2-3.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 15.02)

Rindaningsih, I. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (beyond center and circle Time) bcct Pada Paud. Pedagogia. Vol 1, No 20. 216.(diakses pada tanggal 16 Agustus 2019 pukul 19.30)

Rona Fitriakristiani, M. E. (2016). Model Solusi dan Panduan Pembelajaran Transformatif Untuk Program Parenting Education. Journal of Nonformal Education and Community Enpowerment, Vol 5, No.1, Hal 17.(diakses pada tanggal 24 Agustus pukul 11.40)

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol 20, No. 2, Hal 167.(diakses pada tanggal 9 Agustus 2019 pukul 21.57)

Siska Setianingrum, L. D. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang FisikMotorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, Vol 1, No. 2, Hal 138-139.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 17.48)

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Sutarto, J 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, dan Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: UNNES PRESS

Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 1, No. 1, Hal 3.(diakses pada tanggal 18 Maret 2019 pukul 21.47)

Syamsul 2014. Pendidikan Karakter : Konsepsi&Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Syarbini. A. 2013. Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga (Revitalisasi Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak Menurut Perspektif Islam). Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Syarbini. A. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Studi tentang model pendidikan karakter dalam perspektif islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Titin Faridatun, M. B. (2016). Membangun Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Math Character. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, Vol 5, No. 2, Hal 114.(diakses pada tanggal 26 Maret 2019 pukul 23.03)

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Ulutas, F. T. (2016). Using Storybooks as a Character Education Tools . Journal of Education and Practice , Vol 7, No. 15, Page 169.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 12.03)

Utsman, M. E. (2015). Proses Pengasuhan Taman Penitipan Anak(Studi Pada Taman Penitipan Anak Dewaruci Kids Kecamatan Demak Kabupaten Demak). Journal Nonformal of Education and Community Empowerment, Vol 4, No. 2, Hal 125.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 14.10)

Wood, R. (2018). Early Childhood Education and Care. Robert Wood Johnson Foundation, page 1.(diakses pada tanggal 23 Agustus 2019 pukul 22.07)

Yudi, A. A. (2012). Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau Dari Segi Sarana dan Prasarana (Sarana dan Prasarana PPLP). Cerdas Sifa Pendidikan, Vol 1, No. 1, Hal 2-3.(diakses pada tanggal 24 Agustus 2019 pukul 14.24)

Yus, A 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Zubaidi, A. (2015). Model-Model Pengembangan Kurikulum dan Silabus Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, Vol 13, No. 1, Hal 108.(diakses pada tanggal 9 Agustus 2019 pukul 19.08)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung