PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA PROGRAM PAKET C DI LEMBAGA PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR JAKARTA

Dadan Darmawan, Ila Rosmilawati

Abstract


PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN PADA PROGRAM PAKET C

DI LEMBAGA PKBM NEGERI 21 TEBET TIMUR JAKARTA

 

1Dadan Darmawan, 2Ila Rosmilawati

12Pendidikan Nonformal

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

1dadan.darmawan@untirta.ac.id  2irosmilawati@untirta.ac.id

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penguatan Pendidikan karakter melalui kegiatan pembiasaan pada program paket C di Lembaga PKBM Negeri Tebet Timur Jakarta. Fokus penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai karakter melalui 5 nilai utama karakter Religius, Nasionalis  Mandiri  Gotong Royong dan Integritas. Penelitian Ini merupakan penelitian deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah  1)Nilai nasionalis dalam penguatan Pendidikan karakter  yang diselenggarakan PKBM Negeri 21 Tebet timur adalah memperingati hari besar seperti hari batik nasional dan juga hari kartini dimana para siswa diwajibkan menggunakan batik dan kebaya, hal ini dilakukan agar para siswa memiliki rasa cinta terhadap negaranya. 2)Nilai Religius dalam penguatan Pendidikan karakter yang dilakukan oleh PKBM Negeri 21 Tebet Timur dengan mengadakan kegiatan rutin mengaji di hari jumat, selain itu juga mengadakan syukuran dan pengajian untuk kelulusan siswa, hal ini dilakukan agar para siswa menjaga hubungannya dengan sang pencipta, diharapkan para siswa memiliki Karakter Religius. 3)Nilai Integritas dalam penguatan Pendidikan karakter yang dilakukan oleh PKBM Negeri 21 Tebet Timur, dilakukan oleh para tutor dengan membuat kegiatan yang sifatnya membuat anak-anak mau bertanggung jawab atas segala yang telah dilakukannya, seperti piket kelas yang di pandu langsung oleh para tutor, hal ini dilakukan agat para siswa mau bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan di kelas, dan juga agar memiliki rasa memiliki yang baik terhadap segala fasilitas PKBM. Pembelajaran juga menggunakan sistem pembagian kelompok, sehingga terjadi dinamika didalam kelompok. Melatih siswa menjadi pemimpin yang baik dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas. 4)Nilai Mandiri dalam penguatan Pendidikan Karakter yang dilakukan PKBM Negeri 21 Tebet Timur adalah dengan melakukan kegiatan kewirausahaan terhadap para siswa paket, hasil dari pelatihan ini pun dipasarkan agar mendapatkan hasil materi untuk PKBM atau para siswa. Selain itu nilai mandiri juga di terapkan para tutor pad aproses pembelajaran dengan menggunakan tugas mandiri di luar PKBM, sehingga tanpa di awasi para tutor pun mereka akan mandiri belajar dan diharapkan menjadi terbiasa dan akhirnya menjadi karakter mandiri bagi mereka. 5)Nilai Gotong Royong dalam penguatan Pendidikan Karakter yang dilakukan PKBM negeri 21 Tebet Timur dengan menjadawalkan kegiatan bersih-bersih PKBM setiap sebulan sekali, hal ini dilakukan untuk seluruh lingkungan PKBM dan para siswa pun ikut berpartisipasi dan semangat dalam mengikutinya. Diharapkan dengan pembiasaan ini para siswa memiliki karakter gotong royong yang bisa mereka gunakan di masyarakat.

 

Kata Kunci : PPK, Kegiatan Pembiasaan, 5 Nilai Karakter

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, Iskandar. 2017. Peran Fasilitator Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31 (2), 106-119.

Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Isthifa Kemal dan Marlina, “Penggunaan Model Pembiasaan Modeling Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Anak Kelompok B di TK Kartika XIV-12 Banda Aceh,” Buah Hati, (Volume III Nomor 1. Maret 2016), hlm. 15

Lickona, Thomas. 1987. “Character development in the family”. Dalam Ryan, K. & McLean, G.F. Character Development in Schools and Beyond. New York : Praeger.

___________.1991. Educating for Character : How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New Work: Bantam Books.

Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), hal. 10

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Saepudin, Sadikin, & Saripah. 2016. Penguatan Manajemen Pusat Kegiatan Belajar Mayarakat dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI 11 (2), 232

Solihatin, E.2009. Cooperative Learnng Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Shiddiq, M.Z., Marijono, & Imsiyah, N. 2018. Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terhadap Kemampuan Afektif Warga Belajar Pendidikan Kesetaraan Paket C Di PKBM Suaka Anak Negeri Jember. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2 (1), (14-18).

Tohani. 2009. Evaluasi Pelaksanaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam konteks Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2) (194-205).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung