KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM) KOTA SERANG
Abstract
KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN
DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (PKBM)
KOTA SERANG
1Syadeli Hanafi, 2Nandang Faturohman, 3Ahmad Fauzi, 4Herlina Siregar, 5Ika Rizqi Meilya
12345Pendidikan Nonformal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
1[email protected] , 2[email protected] , 3[email protected] , 4[email protected], 5[email protected]
ABSTRAK
Penelitian ini terkait dengan standar pengelolaan penyelenggaraan satuan pendidikan nonformal PKBM. Ditjen PLSP membentuk sebuah pedoman yang dijadikan acuan pelaksana program supaya lebih terarah dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Arahan diwujudkan dalam bentuk pedoman mengenai Standar Pelayanan Minimal (SPM) PKBM. SPM PKBM diartikan sebagai ukuran minimal yang harus dipenuhi oleh para pengelola program atau kegiatan layanan dalam merencanakan dan melaksanakan program kegiatan pendidikan nonformal. SPM PKBM merupakan salah satu instrumen dari manajemen program atau kegiatan PKBM yang terkait dengan Standar Minimal Manajemen dan Standar Minimal Tenaga Kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan pendidikan di pusat kegiatan belajar mengajar PKBM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri atas: studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitiannya adalah pengelola dan tutor, serta peserta didik PKBM Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, kualitas program PKBM Kota Serang dikatakan sudah baik dilihat dari kompetensi lulusan memenuhi standar nasional. Dari pembelajaran disusun berdasarkan kompetensi lulusan dan minat serta kebutuhan warga belajar dengan target difokuskan pada pendidikan life skill maupun kegiatan sosial dengan memasukkan muatan lokal. Dalam setiap pembelajaran tutor menggunakan perangkat pembelajaran berupa silabus dan RPP yang didalamnya sudah memuat tujuan pembelajaran. Selanjutnya dari segi sarana prasarana sudah memadai dalam menunjang proses pembelajaran.
Kata kunci: kualitas, pelayanan pendidikan, PKBM
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arief. 2007. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Malang: Bayumedia Publishing.
Fandi, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta. Andi Offset.
Farida, Jasfer. 2005. Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kamil, Mustafa. 2009. Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Pontjorini, R., Prima, G.Y., & Rochaety, E. 2005. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sihombing, Umberto. 1999. Pendidikan Luar Sekolah: Kini dan Masa Depan. Jakarta: PD. Mahkota.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supranto. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryono, Yoyon. 2007. Peningkatan Kemampuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Yogyakarta: UNY Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung