Desain Penanaman Nilai Karakter pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Vokasi Menggunakan Absen Online untuk Aspek Karakter Kejujuran, Tanggung Jawab, dan Disiplin

M. Atta Bary, Andi Early Febrinda

Abstract


Pendidikan tinggi vokasi dan politeknik merupakan salah bentuk pendidikan yang diharapkan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian sesuai dengan keinginan dunia industri. Keahlian yang didapatkan lulusan harus melalui pendidikan yang padat dan intensif hingga 4 tahun. Mahasiswa lulusan sekolah tinggi vokasi selain kelak akan memiliki keahlian yang sesuai dengan kompetensi yang diiinginkan industri, diharapkan pula dapat memiliki karakter yang kuat sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendesain konsep dan penerapan sistem pendidikan karakter aspek nilai kejujuran, nilai tanggung jawab dan nilai disiplin pada model pendidikan tinggi vokasi sehingga diharapkan mahasiswa lulusan memiliki karakter jujur, bertanggung jawab dan disiplin.  Karakter jujur, tanggung jawab dan disiplin ini akan bermanfaat bagi para lulusan bila menjadi seorang pekerja pada industri yang harus berinteraksi dengan sistem kerja, lingkungan kerja dan dinamika mesin-mesin industri. Tahapan kegiatan dan pembentukan karakter meliputi identifikasi parameter konsep pendidikan karakter aspek nilai jujur, nilai tanggung jawab dan nilai disiplin yang dapat dimasukkan ke dalam pola pendidikan tinggi vokasi dan penentuan teknik penerapan pendidikan karakter aspek nilai jujur, nilai tanggung jawab dan nilai disiplin dengan memanfaatkan teknologi internet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian 40 mahasiswa vokasi diploma-3 di salah satu politeknik pertanian negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan partisipasi mahasiswa vokasi sebanyak 632 partisipasi dan para mahasiswa vokasi memiliki niat serta keinginan besar untuk menampilkan karakter positif yakni nilai jujur, nilai bertanggung jawab dan disiplin pada dirinya masing-masing. Hal ini tercermin dari konsistensi para mahasiswa untuk terus berperilaku jujur, bertanggung jawab dan disiplin yang ditampilkan pada jawaban yang diberikan selama kegiatan penelitian ini berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan ada sebanyak 75,95 % mahasiswa yang hadir sesuai jadwal waktu kuliah yang ada, 22,63 % mahasiswa yang hadir lewat dari waktu kuliah yang dijadwalkan dan ada sebanyak 1,42 % mahasiswa izin untuk tidak hadir kuliah di kelas karena ada halangan. Semua waktu kehadiran tersebut merupakan waktu kehadiran yang diinginkan oleh mahasiswa tersebut untuk dapat hadir di kelas sesuai dengan kondisinya pada saat hari perkuliahan berlangsung

Keywords


Pendidikan Tinggi Vokasi; Pendidikan Karakter; Jujur; Tanggung Jawab; Disiplin

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gagasan Pendidikan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.