Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Warta Bahasa Sunda Siswa Kelas VIII melalui Model Pembelajaran Tutorial Sebaya

Ani Aprilani, Asep Rohendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis warta Bahasa Sunda melalui model pembelajaran tutorial sebaya. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Citeureup, Jawa Barat, Indonesia pada bulan Juli sampai dengan bulan Oktober tahun 2019 dengan materi menulis warta pelajaran Bahasa Sunda. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peran peneliti sebagai tenaga pengajar, dibantu oleh salah seorang guru Bahasa Sunda sebagai kolaborator. Sampel yang dipilih pada penelitian ini terdiri atas 38 siswa pada kelas VIII-I tahun pelajaran 2019-2020 dengan teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian diambil melalui test tertulis berupa pre-test dan post-test, hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata post-test hasil belajar Bahasa Sunda dari siklus pertama ke siklus ke dua yakni naik dari 71,7 menjadi 82,6 dan sudah berada di atas nilai kriteria ketentuan minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelejaran tutorial sebaya dapat meningkatkan keterampilan menulis wartasiswa


Keywords


Menulis; Tutorial Sebaya; Bahasa Sunda

Full Text:

PDF

References


Dasmi, BSS. (2020). Penggunaan Metode Peer Teaching Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Dididk Dalam Menulis Teks Prosedur di Kelas VII-1 SMP Negeri 9 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Instructional Development Journal (IDJ). 3 (1): 8-15.

Fitriyanti, PD & Yuniseffendri. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018. Bapala. 5 (1)

Joyce & Weil. (1971). Models of teaching. New York: Prentice-Hall, Inc, Englewood Clifs, New Jersey

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 79 tahun 2014 tentang muatan lokal kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud

Kemmis, S, McTaggart, R & Nixon, R. (2013). The action research planner: Doing critical participatory action research, Springer Science & Business

Makarao, N. R. (2009). Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta

Mursalin, dkk. (2017). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Manajemen Kelas Di Gugus Bungong Seulangakecamatan Syiah Kualakota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah. 2 (1): 105-114

Rustandi, Y, & Putro, SS. (2018). Analisis pembelajaran bahasa sunda pada siswa kelas v sdn kencana 3 kota bogor. Wahana bahasa, sastra, dan budaya wahana. 24 (2).

Slavin, R. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset & Praktik. Jakarta: Nusa Media.

Semi, A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Wiyanto, A. (2006). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gagasan Pendidikan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.