PENERAPAN KONSEP FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN FOOD STORAGE TECHNIQUE SUKU BADUY

Rudi Haryadi, Yuvita Oktarisa, Dina Rahmi Darman

Abstract


Sejarah sains fisika merupakan studi tentang sejarah perkembangan sains fisika dan pengetahuan ilmiah, termasuk ilmu alam. Berdasarkan hasil observasi, didapat masih terlalu banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu hanya untuk menghafal sejarah umum fisika. Hasilnya mahasiswa terjebak pada kebiasaan menghafal sejarah fisika daripada memahami maknanya secara fisis. Tujuan khusus penelitian ini antara lain: (1) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep fisika, (2) Memperoleh informasi kehidupan baduy ditinjau dari periode sains fisika. Penelitian ini dipandang penting (urgen) untuk dilakukan karena sangat diperlukan oleh dosen dalam proses pembelajaran untuk memahamkan konsep kepada calon guru (mahasiswa) menggunakan kearifan lokal. pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan model studi kasus. Studi kasus dilakukan dengan melakukan telaah secara mendalam terhadap kasus yang diteliti dalam hal ini konsep fisika dalam food storage technique yang biasa digunakan dalam masyarakat suku baduy.

Keywords


sejarah sains fisika; konsep fisika; food storage technique

Full Text:

PDF

References


Adimihardja, K. 2000, Orang Baduy di Banten Selatan: Manusia air pemelihara sungai, Jurnal Antropologi Indonesia, Th. XXIV, No. 61, Jan-Apr 2000, hal 47 – 59.

Garna, Y. 1993, Masyarakat Baduy di Banten, dalam Masyarakat Terasing di Indonesia, Editor: Koentjaraningrat & Simorangkir, Seri Etnografi Indonesia No.4. Jakarta: Departemen Sosial dan Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosialdengan Gramedia Pustaka Utama.

Kerlinger, F. N. dan Lee, H. B. 2000, Foundation of Behavioral Research (Fourth Edition). USA: Holt, Reinnar & Winston, Inc.

Marshall and Rossman. 2007, Designing Qualitatitative Research. London: Sage Publication.

Nawawi, dan Martini hadari. 1991, Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University Press.

Patton, Michael Quinn. 1987, Qualitative Education Methods, Beverly Hills: Sage Publication.

Poerwandari, E. Kristi. 1998, Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta:LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Suparmini, Sriadi Setyawati, dan Dyah Respati Suryo Sumunar. 2013, Pelestarian Lingkungan Masyarakat Baduy Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal penelitian Humaniora, vol 18 no 1, , 8-22 FIS Universitas Negeri Yogyakarta.

Yin, Robert K. 2003, Studi Kasus: Disain dan Metode. M. Djauzi Mudjakir (Penerjemah). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.