INTEGRASI INQUIRY TRAINING: PENGEMBANGAN PHYSICS SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA

Yudi Guntara, Maria Magdalena Nona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan subject specific pedagogy (SSP) fisika model inquiry training yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik SMA, dan (2) menguji keefektifan subject specific pedagogy fisika model inquiry training dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik SMA. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan X MIA 2 di SMAN 1 Kragilan. Teknik analisis data menggunakan analisis N-Gain dan Independent-sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan subject specific pedagogy fisika model inquiry training yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru serta respon peserta didik, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis secara signifikan berdasarkan hasil analisis independent sample t-test dengan sig. 0,038<0,05 serta mean differences 9,4232.


Keywords


inquiry training, subject specify pedagogy, kemampuan representasi matematis

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aiken, L, R. (1985). Three coeficients for analyzing the realiability and validity of rating. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142. DOI: 10.1177/0013164485451012.

Borich, G.D. (2016). Observation Skills for effective teaching: Research-based practice. California: Routledge.

Emzir. (2013). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hake, R. (2012). Analyzing change/gain scores. Diambil pada tanggal 4 April 2016 dari http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AERA-Hake_11.pdf.

Hariadi, M. H., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019, June). Improving Mathematical Representation Ability of Student’s Senior High School by Inquiry Training Model with Google Classroom. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1233, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Model-model pengajaran edisi delapan (Terjemahan Achmad Fawaid & Ateilla Mirza). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).

Kosko, K.W., & Wilkins, J.L.M. (2010). Mathematical Communication and Its Relation to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of Mathematics Education, 5, 79-90.

Leigh, G. (2004). Developing Multi-representational Problem Solving Skills in Large, Mixed-ability Physics Classes. (University of Cape Town Department of Physics: Thesis). Diambil pada tanggal 15 april 2016, dari https://open.uct.ac.za/handle/11427/6533.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset.

Monika, S., Abdurrahman., & Suana, W. (2014). Pengaruh Kemampuan Membangun Mode Representasi terhadap Pemecahan Masalah Fisika dengan Menerapkan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2, 131-143.

Prahani, B. K., Limatahu, I., Winata, S. W., Yuanita, L., & Nur, M. (2016). Effectiveness of physics learning material through guided inquiry model to improve student’s problem solving skills based on multiple representation. International Journal of Education and Research, 4(12), 231-244.

Prahani, B. K., Soegimin, W. W., & Yuanita, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Kemampuan Multi Representasi Siswa SMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 4(2), 503-517.

Rizky, G., Tomo, D., & Haratua, TMS. (2014). Kemampuan Multirepresentasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal-soal Hukum Newton. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 1-10. Diambil pada tanggal 15 april 2016, dari http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=175070

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, A. (2012). Kemampuan berpikir matematis tingkat lanjut (advanced mathematical thinking) dalam mata kuliah statistika matematika 1. Prosiding, 37-48. ISBN : 978-979-16353-8-7.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Theacher of exceptional Children. Minneapolis: Indiana University.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uswatun, D.A., & Rohachi. E. (2015). Subject specific pedagogy IPA berbasis inkuiri untuk meningkatkan critical thinking dan scientific attitude siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1, 138-152.

Wibowo, A., & Laksono, E.W. (2015). Pengembangan dan implementasi subject specific pedagogy IPA berbasis inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1, 102-114.

Winny Liliawati. (2011). Pembekalan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Melalui Pembelajaan Fisika Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16, 93-98.

Yuwono, G. R., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Representasi Verbal, Gambar, Matematis, dan Grafik) di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 60-65.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.6031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.