Development of hots-based virtual laboratory with VBA Excel: improving understanding of temperature and heat concept
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ain, T. N., Wibowo, H. A. C., & Hasyim, F. (2022). Pengembangan Simulasi Berbasis Visual Basic Application (VBA) Spreadsheet Excel pada Pembelajaran Fisika Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 155. doi:10.20527/jipf.v6i1.4435
Akbar, M., & Budiarti, I. S. (2022). Analysis of Higher Order Thinking Skills (HOTs) on Simple Harmonic Motion Concept Using Virtual Laboratory Based on VBA Excel Study in Physics Education Students of Universitas Cenderawasih.
Alatas, F., & Fachrunisa, Z. (2019). An Effective Of Pogil With Virtual Laboratory In Improving Science Process Skills And Attitudes: Simple Harmonic Motion Concept. Edusains, 10(2), 327–334. doi:10.15408/es.v10i2.10239
Amir Hamzah. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) . Literasi Nusantara.
Anisa, M. K., Permana P, N. D., & Nova, T. L. (2020). Penggunaan Simulasi Virtual Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa : Meta Analisis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 163–170. doi:10.33369/jkf.3.2.163-170
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approch. Universitas of Gergia.
Caroline, V. E., Putra, I. A., & Prihatiningtyas, S. (2020). Rekonstruksi media interaktif berbasis kartun pada materi suhu dan kalor Kelas XI SMA. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(1), 21. doi:10.12928/jrkpf.v7i1.14789
Coto, B., Suárez, I., Tenorio, M. J., & González, M. A. (2023). Virtualization of Laboratory Practices Using Visual Basic Excel. Journal of Chemical Education, 100(1), 366–370. doi:10.1021/acs.jchemed.2c00325
Fadilah, H., Hamdani, D., & Purwanto, A. (2022). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 4(3), 185–192. doi:10.33369/jkf.4.3.185-192
Fatimah, Z., Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 1(2). doi:10.29303/goescienceedu.v1i2.45
Garira, E. (2020). A Proposed Unified Conceptual Framework for Quality of Education in Schools. SAGE Open, 10(1). doi:10.1177/2158244019899445
Guntara, Y., Saefullah, A., Ruhiat, Y., & Subaedi, A. N. (2023). Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Development of visual thinking strategy in augmented reality (ViTSAR) to facilitate visual literacy skills on magnetic field material. 9(2). doi:10.30870/gravity.v9i2.21321
Gusti, I., Putu, N., Ari, S., Sahara, L., & Tahang, L. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Excel Pada Materi Gerak Parabola SMA. doi:10.36709/jipfi.v7i2.25148
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. doi:10.1119/1.18809
Herdi, B. S., & Ester R. (2018). Dasar-Dasar VBA Excel. Elexmedia.
Ipi, I., Scholar, G., Moraref, B., Bib, R., Sis, T., & Garuda Dan Scilit, R. (2021). Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat pISSN (Vol. 12, Issue 2).
Lee, C. (2016). Belajar Excel Mcro VBA Step-by-Step. PT Elexmedia.
Lisa, R., Indawan, I., & Hirza, B. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Lubuklinggau Menggunakan Laboratorium Virtual. BIODIK, 8(2), 162–170. doi:10.22437/bio.v8i2.17033
Listiantomo, D. P., & Dwikoranto. (2023). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Gelombang Cahaya. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 274–281. doi:10.33369/pendipa.7.2.274-281
Mikrajuddin Abdullah. (2020). Animasi Excel untuk Fisika. Https://Profmikra.Org/?S=animasi.
Muhajarah, K., & Sulthon, Moh. (2020). Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77. doi:10.31764/justek.v3i2.3553
Puspita, A. D., Islami, N., Nasir, M., & Fakhruddin. (2020). Development of Interactive Learning Media Based on HOTS Material Temperature and Heat. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1), 012011. doi:10.1088/1742-6596/1655/1/012011
R. Arifin Nugroho. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, dan Soal-Soal. PT Grasindo.
Safitri, A. D., Lesmono, A. D., Maryani, & Wardoyo, A. A. (2020). Development of learning media using VBA excel in physical learning in senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1), 012035. doi:10.1088/1742-6596/1563/1/012035
Sapto, & Hendra Jaya. (2014). Laboratorium Virtual Konsep & Desain. Edukasi Mitra Grafika.
Setia Permana, I. P. Y., & Purwaningsih, E. (2022). Penerapan Simulasi Virtual Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Suhu dan Kalor di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 17. doi:10.24127/jpf.v10i1.4292
Sohibun, S., & Yolanda, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Laboratory Menggunakan Pendekatan Mini Laboratory Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pedagogik Calon Guru Pada Matakuliah Eksperimen Dan Media Pembelajaran Fisika. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(1). doi:10.30870/gravity.v5i1.5208
Soprihatin, P. Y., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 129–138. doi:10.15575/jotalp.v6i2.12438
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. doi:10.24014/jnsi.v4i2.11445
Swandi, S. : A., Rahmadhanningsih, S., Putri, R. A., Suryadi, A., Simulasi, P., Swandi, A., & Viridi, S. (2021). Hal. 75-85 Interaktif Gerak Parabola Menggunakan VBA Excel Dalam Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Fisika), 6(1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/
Wijaya, T. T., Zulfah, Z., Hidayat, A., Akbar, P., Ariani, W., & Asyura, I. (2020). Using VBA for microsoft excel based on 6-questions cognitive theory in teaching fraction. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). doi:10.1088/1742-6596/1657/1/012078
Yuliana, I., Kusairi, S., & Taufiq, A. (2019). Profil Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 572. doi:10.17977/jptpp.v4i5.12384
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v10i1.23823
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Gravity has been indexed by:
| Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI) | |
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. |