SMART ORBITAL (SO) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMP POKOK BAHASAN KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR

Firmanul Catur Wibowo

Abstract


Ilmu pengetahuan berkembang, dan bersifat dinamis seiring tuntutan perkembangan ilmu pendidikan yang semakin tinggi. Fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang menjadi perhatian bagi guru maupun siswa karena menggunakan rumus. Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar fisika. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan menggunakan media pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan Smart Orbital (SO). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penggunaan SO terhadap hasil belajar fisika sebagai media pembelajaran pokok bahasan kalor, dan perpindahan kalor. SO merupakan media pembelajaran yang cerdas, asyik, dan menyenangkan berbentuk garis perjalanan bintang atau orbit. Penggunaan SO sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan daya ingat, dan pemahaman.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen, dan kelas VIII C sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan SO. Pada kelompok kontrol pembelajaran dilakukan secara konvensional. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, dan angket.

Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang pada kelompok eksperimen. Hal tersebut terlihat pada nilai rata-rata kelas kelompok eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan pada kelompok kontrol. Selain itu penggunaan media pembelajaran menggunakan SO mampu meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika. Siswa termotivasi dalam melakukan pembelajaran menggunakan media SO. Tanggapan guru terhadap media pembelajaran menunjukkan hal yang positif. Tanggapan siswa, dan guru terhadap penggunaan SO sebagai media pembelajaran ini sudah baik, menarik, dan positif.


Keywords


Smart Orbital (SO), Media Pembelajaran, Kalor, dan Perpindahan Kalor

Full Text:

PDF

References


Anni, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Darsono, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2004. Media Pendidikan. Bandung: Tarsito.

Midzakir, dkk. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Pustaka Setia.

Tipler. A Paul. 1996. Fisika Untuk Sains dan Teknk. Jakarta: Erlangga.

Wojowasito, dkk. Kamus Umum Bahasa Indonesia. 1984. Jakarta: Balai Pustaka.

Poerwodarminta, W.J.S. Kamus Lengkap Inggris-Indonesia. 1984. Bandung: Hasta.

Retalis, Symeon. 2008. Creating Adaptive e-Learning Board Games for School Settings Using the ELG Environment. Journal of Universal Computer Science. Vol/no: 14/17. online.10 juli 2009.

Kenny dkk. 2007. Endogenous Fantasy Based Serious Games: Intrinsic Motivasion and Learning. Internasional Journal of Social Science. Vol/no:2/1.online.10 juli 2009.

Sadiman, Arif S. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suparno, Paul. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v1i1.2533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.