APLIKASI MODEL ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN MEDIA PhET BERBASIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR

Ilham Akbar Darmawan, Yunisa Dwijayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran dengan model advance organizer menggunakan media PhET dan pembelajaran yang biasa dilakukan; perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan kemampuan berpikir kritis rendah; interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitan quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Mulia Sei Balai Kabupaten Batu Bara yang terdiri dari dua kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Bentuk tes yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa tes objektif atau pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dengan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran advance organizer   menggunakan media   PhET dan pembelajaran konvensional; terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan kemampuan berpikir kritis rendah;

Keywords


Model Pembelajaran Advance Organizer, Hasil Belajar Kemampuan Berpikir Kritis, Media PhET

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ausubel, D. . (1968). Educational Psychology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart&Winston.

Darmawan, I. A., Wiyono, G., & Khairudin, M. (2018). Development Skills for Growing The Society’s Economy through Technical and Vocational Education and Training Centers. Journal of Mechanical Engineering and Vocational Education (JoMEVE), 1(1), 37–48.

Effendi, R. (2010). Kemampuan Fisika Siswa Indonesia dalam TIMSS (Trend of International on Mathematics and Science. In Prosiding Seminar Fisika. Bandung: IRB.

Ivie, D. . (1998). Ausubel’s Learning Theory: An Approaching to Higher Order Thinking Skills. Educational Psychology David Paul Ausubel High School Journal, 82(1), 1–40.

Joyce, B. (2011). Model of Teaching (Model-model Pembelajaran) (8th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lawson, A. . (1995). Science Teaching and The Development of Thinking. California: Wadsworth Publishing Company.

Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. (2013). Implementasi Sumulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Materi Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 18–22.

Rachel, A. (2013). Effect of Advance Organizer on Attainment and Retention of Students’ Concept of Gravity in Nigeria. International Journal of Reasearch Studies in Educational Technology, 2(1), 81–90.

Samudra, G. . (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Memepelajari Fisika. PPs Undiksha, 4(1).

Sari, D. ., Lutfi, A., & Qosyim, A. (2013). Pembelajaran IPA dengan LKS Sebagai Penunjang Media Virtual PhET untuk Melatih Keterampilan Proses Pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 1(2), 15–20.

Shihusa, H., & Keraro, F. . (2009). Using Advance Organizer to Enhance Students’ Motivation in Learning Biology. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Educational, 5(4), 413–420.

Tasiwan, Nugroho, S. ., & Hartono. (2014). Analisis Tingkat Motivasi Siswa dalam Pembelajaran IPA Model Advance Organizer Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 43–50.

Wachanga, S. ., Arimba, A. ., & Mbugua, Z. K. (2013). Effect of Advance Organizer Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievment in Chemistry in Maara District, Kenya. International Journal of Social Science and Interdiciplinary Reasearch, 2(6).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.5940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.