PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL MAHASISWA

Rahmat Firman Septiyanto, Dina Rahmi Darman

Abstract


Abstrak

High Order Thinking Skill atau keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam aspek kognitif merupakan kegiatan menganalisis, mengevaluasi dan menciptakan yang mencakup berpikir kreatif dan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk mencari penyelesaian masalah secara terorganisasi, sedangkan berpikir kreatif merupakan kemampuan menyelesaikan masalah dengan memupuk pemahaman-pemahaman baru dan menciptakan solusi dengan metode yang bervariasi. Proses pembelajaran yang hanya menekankan pada konsep, membuat mahasiswa mengalami kesulitan untuk mengkaitkan dan merapkan konsep fisika yang berkaitan dengan listrik magnet  di dalam kehidupan sehari-hari. Latihan soal yang lebih menekankan pada hafalan dan mencari satu jawaban benar mengakibatkan mahasiswa tidak terlatih untuk mencari penyelesaian masalah melalui berbagai jalan yang mungkin ditempuh. Proses pembelajaran perlu ditingkatkan dengan menggali kemampuan dalam mengolah dan menilai berbagai informasi secara kreatif dengan metode pembelajaran berbasis proyek. Oleh sebab itu, pembelajaran berbasis proyek ini diharapkan agar mahasiswa memiliki high order thinking skill, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah fisika dasar terhadap high order thinking skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, angket dan metode tes.

 

 Abstract

 High Order Thinking Skill or high-level thinking skills in the cognitive aspect is an activity of analyzing, evaluating and creating that includes creative thinking and critical thinking. Critical thinking is the ability to solve problems in an organized way, whereas creative thinking is the ability to solve problems by fostering new insights and creating solutions with varied methods. The learning process that only emphasizes the concept, makes students have difficulty to link and apply the physics concept related to magnet electricity in everyday life. More emphasis on rote practice and finding the right answers resulted in students not trained to find problem solving through various roads that may be taken. The learning process needs to be improved by exploring the ability to process and assess creative information with project-based learning methods. Therefore, this project-based learning is expected to have high order thinking skill, so research is done to find out the influence of project-based learning model in basic physics subject to high order thinking student skill. The method used in this research is observation, documentation, questionnaire and test method.

Keywords


proyek; fisika dasar; model pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i1.3114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.