KURIKULUM SEKOLAH TINGKAT SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA PADA MATA PELAJARAN FISIKA SE-KABUPATEN ROKAN HULU RIAU STUDI KASUS: KTSP VERSUS KURIKULUM 2013

Sohibun Sohibun, Eripuddin Eripuddin

Abstract


Abstract

This article is intended to provide a foundation, reference and overview of the state of readiness of teachers in considering the application of the curriculum (K-13 and KTSP), as well as provide information on teachers' perceptions of the curriculum. This article is useful for teachers in portrait as well as provide information on the implementation of the curriculum (K-13 and SBC). The method used in writing this article is to use qualitative and descriptive study of literature. Data obtained through the study of literature and observation using a structured interview to sample some of the teachers at the elementary school level, junior and senior high schools in Rokan Hulu to randomize sampling. After re-analyzed, the use of curriculum in Rokan Hulu found that more teachers agree with the curriculum in 2013 based on the existing system in K-13, but they were found to in Rokan Hulu itself is more efficient when using the SBC because the school facilities and good infrastructure does not support the implementation of the K-13 runs perfectly. Starting from the statement "if you want to K13, must complete infrastructure and support, develop what is there not to upset or half-half". Of this paper is known that the curriculum in 2013 demand for teachers at all levels of schools in the district Rokan Hulu, but in practice advice and inadequate infrastructure that does not yet support the implementation of K13.


Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan landasan, referensi dan gambaran dari keadaan kesiapan guru dalam mempertimbangkan penerapan kurikulum (K-13 dan KTSP), serta memberikan informasi tentang persepsi guru kurikulum. Artikel ini berguna bagi guru dalam potret serta memberikan informasi tentang pelaksanaan kurikulum (K-13 dan SBC). Metode yang digunakan dalam menulis artikel ini adalah dengan menggunakan studi kualitatif dan deskriptif sastra. Data yang diperoleh melalui studi literatur dan observasi menggunakan wawancara terstruktur untuk sampel beberapa guru di tingkat SD, SMP dan SMA di Kabupaten Rokan Hulu untuk mengacak sampling. Setelah dianalisa ulang, penggunaan kurikulum di Rokan Hulu menemukan bahwa lebih banyak guru setuju dengan kurikulum tahun 2013 berdasarkan sistem yang ada di K-13, tetapi mereka ditemukan di Rokan Hulu sendiri adalah lebih efisien bila menggunakan SBC karena sarana dan prasarana sekolah yang baik tidak mendukung pelaksanaan K-13 berjalan dengan sempurna. Mulai dari pernyataan "jika Anda ingin K13, harus melengkapi infrastruktur dan dukungan, mengembangkan apa yang ada untuk tidak marah atau setengah-setengah". Makalah ini diketahui bahwa kurikulum pada 2013 permintaan untuk guru di semua tingkatan sekolah di kabupaten Rokan Hulu, tetapi dalam saran praktek dan infrastruktur yang tidak memadai yang belum mendukung pelaksanaan K13.

Keywords


Kurikulum; K13; KTSP

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andi Marta, F. 2013, Analisis Literasi Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Efek Rumah Kaca. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Artati, H. 2015, Rancangan Pembelajaran Sains Melalui Analisis Literasi Sains Siswa Kelas VII SMP pada Topik Suhu dan Pemuaian.Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Hobson, A. 2003, Physics Literacy,Energy and the Environment. Physics Education, 38(2), hlm 109-114

Ilhami, N.W. 2015, Penerapan Scienntific Approach untuk Melatihkan Literasi Scientifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Skripsi pada PMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Morissan. (2012). METODE PENELITIAN SURVEY. Jakarta: Kencana

Nadia, M.A. 2015, Menerapkan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Literasi Saintifik pada Domain Kompetensi Siswa SMP pada Topik Tekanan. Skripsi pada PMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2015, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA

Utari.S, dkk. 2015, Designing Science Learning for Training Students’ Science Literacies at Junior High School Level. International Conference on Mathematics, Science, and Education




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i2.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.