Penerapan Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Treffinger Untuk Melihat Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Padang

Ena Suma Indrawati

Abstract


Penerapan model kooperatif tipe treffingger bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran ini terhadap  kreativitas  dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa  kelas XI IPA SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Design penelitian yang digunakan adalah treatment by block (2 x2). Teknik analisa data yang digunakan adalah ANAVA dua arah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah  kreativitas siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh  model  pembelajaran konvensional,  kreativitas siswa yang  berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dalam model pembelajaran kooperatif Tipe Treffinger, Tidak Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan kreativitas, kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dalam model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger, Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah.


Keywords


Kreativitas, Model Kooperatif, Pemecahan Masalah, Treffinger

Full Text:

PDF

References


Conny Semiawan, A.S.Munandar, S.C.Utami Munandar, 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Jakarta : Gramedia.

Depdiknas. 2006. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti.

Haryono Ary. 2008. Pembelajaran Model Treffinger Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V Sd Islam Bani Hasyim Singosari Malang. http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/1186) diakses 10 mei 2013.

Ibrahim, Muslim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA

Ibrahim, Muslimin dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA- University Press.

Iskandar, A. 2010. Pengaruh Model Pemecahan Masalah Terhadap Pemahaman Konsep, Kemmapuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGMI UIN Suska.

Munandar Utami, 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nur Mohammad. 2005. Pembejaran Kooperatif. Surabaya: Pusat sains dan matematika sekolah unesa.

Permendiknas. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional

Polamato, 2005. Pengaruh Model Treffinger Dalam Pembelajaran Matematika Dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

……., 2006. Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Model Treffinger. Jurnal Mimbar pendidikan

Slameto, 2001. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

--------2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian.Jakarta:Grafindo Persada.

Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Walpole, E. Ronald. 1992. Pengantar Statistika. Jakarta; PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.