Penerapan Model Pembelajaran Kooperetif Tipe Treffinger Untuk Melihat Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 6 Padang
Abstract
Penerapan model kooperatif tipe treffingger bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran ini terhadap kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas XI IPA SMAN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Design penelitian yang digunakan adalah treatment by block (2 x2). Teknik analisa data yang digunakan adalah ANAVA dua arah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional, kreativitas siswa yang berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dalam model pembelajaran kooperatif Tipe Treffinger, Tidak Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan kreativitas, kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran konvensional, kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkemampuan awal rendah dalam model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger, Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dan kemampuan awal dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Conny Semiawan, A.S.Munandar, S.C.Utami Munandar, 1990. Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Jakarta : Gramedia.
Depdiknas. 2006. Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikti.
Haryono Ary. 2008. Pembelajaran Model Treffinger Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas V Sd Islam Bani Hasyim Singosari Malang. http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/1186) diakses 10 mei 2013.
Ibrahim, Muslim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA
Ibrahim, Muslimin dkk. 2001. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA- University Press.
Iskandar, A. 2010. Pengaruh Model Pemecahan Masalah Terhadap Pemahaman Konsep, Kemmapuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa PGMI UIN Suska.
Munandar Utami, 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Asdi Mahastya.
Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur Mohammad. 2005. Pembejaran Kooperatif. Surabaya: Pusat sains dan matematika sekolah unesa.
Permendiknas. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional
Polamato, 2005. Pengaruh Model Treffinger Dalam Pembelajaran Matematika Dalam Mengembangkan Kemampuan Kreatif Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.
……., 2006. Mengembangkan Kreativitas Matematik Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Model Treffinger. Jurnal Mimbar pendidikan
Slameto, 2001. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
--------2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian.Jakarta:Grafindo Persada.
Syah, M. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Walpole, E. Ronald. 1992. Pengantar Statistika. Jakarta; PT Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Gravity has been indexed by:
| Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI) | |
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. |