Pengembangan E-Learning Menggunakan Chamilo Untuk Membantu Proses Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Semester II

Ayu Rezky Yulita, Diah Ambarwulan, Fauzi Bakri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran E-Learning berbasis Chamilo. E-Learning ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi dan tugas-tugas terstruktur untuk siswa pada materi Fisika SMA Kelas X Semester II. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Dick and Carey. E-Learning yang dihasilkan menampilkan materi pembelajaran yang dapat dibaca dan diunduh. Konten E-Learning yang dikembangkan juga diperkaya dengan video pembelajaran, tes pemahaman siswa, agenda dan forum diskusi antar pengguna. E-Learning yang dikembangkan sudah melalui tahap validasi dengan perolehan persentase sebesar 86,67% dari ahli materi, 92,39% dari ahli media, dan 94,47% dari ahli pembelajaran. Dari hasil uji kelayakan perangkat e-learning, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat e-learning yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran yang dapat membantu menyampaikan materi dan tugas terstruktur siswa.


Keywords


Chamilo, E-Learning, Media Pembelajaran, Fisika SMA

Full Text:

PDF

References


Ansari, C., Hadil, S., etc. (2016). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, Survey 2016. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Bakri, F., Muliyati, D., Pengembangan Perangkat E-Learning untuk Matakuliah Fisika Dasar II Menggunakan LMS Chamilo. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. Vol.2 No.1, hal. 25-30 (2017).

Dick, W., & Carey, L. (2015). The Systematic Design of Instructional. Scot: Foresman and Company.

Efrita, K.A., Bakri, F., Muliyati, D., Pengembangan E-learning Menggunakan LMS (Learning Management System) untuk Mahasiswa Pendidikan Fisika. Prosiding SNIPS 2016. hal. 469-474 (2016).

Eliza, F. “Pemanfaatan E-Learning dalam Proses Pembelajaran di Jurusan Teknik Elektro FT UNP”. Vol. 5 No.2, hal. 91-101 (2015).

Hidayatulloh, A., dkk. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Interaktif dengan Aplikasi E-learning Moodle pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan”. Vol. 4 No. 2, hal. 111-115 (2015).

Muliyati, D., Bakri, F., dkk. (2017). CMS Wordpress: Media E-Learning Sains. CV Green Circle Digital: Jakarta.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta: Bandung.

Praharsi, Y., “Penggunaan Model e-Media Berbasis Komputer Dalam Pembangunan Sistem E-Learning (Studi Kasus: e-Media untuk Pembelajaran Gerak Osilasi)”, Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Ternologi Informasi (2004).

Ramadhan, L.A., Bakri, F., Muliyati, D., Pengembangan Perangkat E-Learning Menggunakan Chamilo untuk Mata Kuliah Fisika Dasar II. Prosiding SNIPS 2016. hal. 491-494 (2016).

Surjono, H. D., “The evaluation of a Moodle Based Adaptive e-learning System”. Vol. 4 No. 1, hal. 89-92 (2014).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.