Pengembangan Komik Biografi Sir Isaac Newton Sebagai Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Paint Tool SAI

Farah Savila, I Made Astra, Dewi Muliyati

Abstract


Penelitian ini berisi teknik merancang komik tokoh Sir Isaac Newton menggunakan aplikasi Paint Tool SAI. Komik tokoh Sir Isaac Newton yang dirancang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Komik tokoh Sir Isaac Newton tersebut mengacu kepada buku–buku sejarah mengenai tokoh yang diceritakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model ADDIE. Pengembangan ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, uji coba, dan evaluasi produk. Berdasarkan hasil uji kelayakan, diperoleh rata-rata persentase hasil ahli materi 80,95% dan ahli media 77,69%. Komik sebagai media pembelajaran dapat dirancang dengan mudah menggunakan aplikasi Paint Tool SAI pada gawai yang kita miliki dengan sistem operasi android.


Keywords


komik tokoh, Sir Isaac Newton, media pembelajaran fisika, Paint Tool SAI

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Kustandi, Cecep. (2013). Media pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khairi, Ashabul.(2016). Pengembangan Media Komik Berbasis Karakter untuk Siswa SD.(Vol 11 No 1), diakses dari https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/3658, diakses pada 6 Maret 2017.

White, Michael.(1992). Isaac Newton, Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.