Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Discovery Based Learning Dengan Bantuan LKS Digital Materi Fluida Dinamik Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi

Raden Maulana, Jufrida Jufrida, Haerul Pathoni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Based Learning dengan bantuan LKS digital bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi fluida dinamik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep siswa yang ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 34,65% dan nilai rata-rata hasil belajar 39,56 dengan jumlah siswa yang berhasil 9 siswa (23,68%). Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 62,94% dan nilai rata-rata hasil belajar 60,12 dengan jumlah siswa yang berhasil 15 siswa (39,47%). Pada siklus III rata-rata persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 76,97% dan nilai rata-rata hasil belajar 80,79 dengan jumlah siswa yang berhasil 28 siswa (73,68%).


Keywords


Discovery Based Learning, LKS Digital, pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard. 2012. Learning to Teach. Penerjemah : Helly Prajitno dan Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuallitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibin. 2004. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta : Diva Press.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.

Wijayanti, P.I., Mosik & Hindarto, N. 2010. Eksplora¬si Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Ba¬hasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indone-sia, 6: 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.