Rancang Bangun Alat Praktikum Hukum Ohm Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pembuatan alat praktikum hukum Ohm yang tidak hanya memfasilitasi siswa untuk melakukan praktikum hukum Ohm, melainkan juga memfasilitasi siswa untuk memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi / Higher Order Thinking Skilss (HOTS) melalui kegiatan praktikum. Proses pembuatan alat praktikum hukum Ohm ini melalaui tiga tahapan yaitu : merancang, membuat, dan menguji. Pada proses merancang, alat praktikum didesain sedemikian rupa agar mampu melatihkan keterampilan berfikir tingkat tinggi, utamanya pada kemampuan menganalisis dan mengkreasi. Pada proses membuat, pembuatan alat praktikum menggunakan bantuan sinar laser, agar alat praktikum tidak mudah pecah dan penampilannya bagus. Pada proses terakhir, yaitu menguji, proses penujian bertujuan untuk membuktikan bahwa alat praktikum dapat digunakan siswa untuk menemukan konsep hukum Ohm. Hasil proses pengujian menunjukan bahwa alat praktikum dapat digunakan untuk menemukan konsep hukum Ohm, selain itu alat praktikum jug dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan berfkir tingkat tinggi pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Delors, J., 1996. Education for tomorrow. UNESCO Cour. 49, 6–11.
Hapsari, B., Fadhilah, N., Kom, B.M.M., 2017. Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving Dan Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII Smp N 3 Colomadu. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kemendikbud. 2013. Standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta
Purwanto, A., 2012. Kemampuan berpikir logis siswa SMA Negeri 8 kota Bengkulu dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran fisika. EXACTA 10, 133–135.
Rustaman, N.Y., 2005. Perkembangan penelitian pembelajaran berbasis inkuiri dalam pendidikan sains. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional II Himpunan Ikatan Sarjana dan Pemerhati Pendidikan IPA Idonesia Bekerjasama Dengan FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. pp. 22–23.
Saefullah, A., Samanhudi, U., Nulhakim, L., Berlian, L., Rakhmawan, A., Rohimah, B., & El Islami, R. A. Z. (2017). Efforts to Improve Scientific Literacy of Students through Guided Inquiry Learning Based on Local Wisdom of Baduy’s Society’. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 84-91.
Smith, A., 2005. Education in the twenty-first century: Conflict, reconstruction and reconciliation 1. Comp. J. Comp. Int. Educ. 35, 373–391.
Subali, B., Mariyam, S., 2013. Pengembangan kreativitas keterampilan proses sains dalam aspek kehidupan organisme pada mata pelajaran IPA SD. J. Cakrawala Pendidik. 3.
Sulbani, S., others, 2014. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Pendekatan Discovery Learning pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Nogosari Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.
Sundari, R., 2013. Evaluasi pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri Sekabupaten Sleman. J. Penelit. Dan Eval. Pendidik. 12.
Van Driel, J.H., Beijaard, D., Verloop, N., 2001. Professional development and reform in science education: The role of teachers’ practical knowledge. J. Res. Sci. Teach. 38, 137–158.
Yance, R.D., 2013. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar Phys. Educ. 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Gravity has been indexed by:
| Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI) | |
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. |