PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM

Zara Paradita, Wayan Suana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) yang valid untuk pembelajaran model blended learning yang beorientasi pada higher order thinking skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan desain research and development (R & D) yang mengadopsi tahapan pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, yaitu terdiri dari define, design, dan develop. Pada tahap define, terdapat lima kegiatan, yaitu analisis kurikulum, analisis kebutuhan siswa, analisis tugas, analisisi konsep, dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap design, dilakukan pemilihan format produk dan membuat rancangan awal produk. Pada tahap develop, dilakukan penilaian terhadap produk oleh para ahli dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode wawancara dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, produk yang dihasilkan telah teruji validitasnya menurut penilaian para ahli. Di samping itu, LKS hasil pengembangan juga dinilai sangat menarik dan sangat mudah dipakai oleh siswa. Dengan demikian, LKS model blended learning yang berorientasi HOTS pada pokok bahasan impuls dan momentum layak untuk dipakai dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Lembar kerja siswa (LKS), blended learning, higher order thinking skills (HOTS).

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


BSNP. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Buletin BSNP: Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan, 3(1), 48–50.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta.

Ernawati, E., & Safitri, R. (2018). Analisis Kesulitan Guru Dalam Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Fisika Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 50–58. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9817

Febriany, Y., Yulianti, D., & Rosidin, U. (2017). Blended Learning mata pela-jaran fisika kelas XI TKJ. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pen-didikan, 5(1).

Fitriani, W., Bakri, F., & Sunaryo. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill). Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(1), 36–42.

Guntara, Y., & Pamungkas, H. N. (2017). The Development Of Peka-Based Thinking Activity Worksheet to Measure The Students’thinking Skill. Unnes Science Education Journal, 6(1).

Hamidiyah, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Melatihkan Self-efficacy Siswa pada Materi Getaran Harmonik Sederhana di MAN 2 Kediri. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 240–245.

Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Pe¬nguasaan Konsep dan Penalaran Fisi¬ka Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pen¬didikan Fisika Indonesia, 9(1), 67–76.

Karsono, K. (2017). Pengaruh penggunaan LKS berbasis hots terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 50–57.

Kristianingsih, D. D., Wijayati, N., & Sudar-min, S. (2016). Pengembangan LKS Fisika bermuatan generik sains untuk meningkatkan higher order think¬ing skills (HOTS) siswa. Journal of Inno-vative Science Education, 5(1), 73-82.

Munandar, H., Yusrizal, Y., & Mustanir, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 27-37.

Normarita, F. I., Nyeneng, I. D. P., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan LKS dengan Scientific Approach untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 43–52.

Nuraini, S., Distrik, I. W., & Suana, W. (2018). Pengembangan lembar kerja siswa blended learning berorientasi higher order thinking skills. Pascal (Journal of Physics and Science Learning), 2(1), 69-77.

Pratiwi, Y., Parijo, & Warneni. (2010). Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Performansi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran, 5(11), 1–10.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV, 161–164.

Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249.

Wahyuni, D.E., & Arief, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Scientific Approach Dengan Soal Higher Order Thinking Skill Pada Materi Alat-Alat Optik Kelas X Di SMA Nahdlatul Ulama’ 1 Gresik. Jurnal Inovasi Pen-didikan Fisika (JIPF), 04(03), 32–37.

Wijayanti, W., Maharta, N., & Suana, W. (2017). Pengembangan Perangkat Blen-ded Learning Berbasis Learning Mana-gement System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.581.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.5389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.