PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Eka Yustia Al Husnul, Feriansyah Sesunan, Undang Rosidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi Hukum Newton tentang Gerak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan, Lampung, Indonesia. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak dua kelas yang berjumlah 64 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran problem solving. Pengambilan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes berbentuk soal pilihan ganda beralasan dengan jumlah sepuluh soal Analisis peningkatan menggunakan perhitungan dari skor gain yang ternormalisasi (N-gain). Hasil penelitian diketahui bahwa kelas kontrol memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,59, sedangkan kelas eksperimen memiliki rata-rata N-gain 0,67. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gerak.


Keywords


learning cycle 7e, kemampuan berpikir kritis, Hukum Newton tentang gerak.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aksela, M. 2005. Supporting Meaningful Chemistry Learning and Higher Order Thinking Through Computer. Assited Inquiry: a Design Research Approach.

Armiza. 2007. Model Siklus Belajar Abduktif Empiris untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Pemantulan Cahaya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1(1).98-99.

Budprom W, Paitool S, Adisak S. 2010. Effects of Learning Eanviromental Education Using the 5E-Learning Cycle with Multiple Intelligences and Teacher’s Handbook Approach on Learning Achievment, Basic Science Process Skills and Critical Thinking of Grade 9 Students. Pakistan Journal of Social Sciences 7(3): 200-204.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

. 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Eisenkraft, A. 2003. Expanding The 5E Model: A Proposed 7E Model Emphasizes “Transfer Of Learning” And The Importance Of Eliciting Prior Understanding. The Science Teacher, 70 (6), 57-59.

Ennis, R. H. 1996. Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. University of Illinois UC. 8 (2&3), 166.

Ennis, R. H. 1989. Critical thinking and subject specificity: Clarification and needed research. Educational Researcher, 18 (3), 4-10.

Lorsbach, A. W. 2002. The Learning Cycle As A Tool For Planning Sience

Instruction. [Online]. Tersedia di: http://www.coe.ilstu.edu/scienceed /Lorsbach2571rcy.htm. Diakses 15 September 2018.

Patmah, Purwoko, A. A., & Muntari. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2 (1), 69-86.

Permana, N. D. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Journal of Natural Science and Integration, 1 (1), 11-41.

Polya. 2002. Model Problem Solving dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Buku.

Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: Buku Seri.

Sornsakda, S., Suksringarm, P., & Singseewo, A. 2009. Effects of Learning Environmental Education Using the 7E-Learning Cycle with Metacognitive Technique and Theachers Handbook Approaches on Learning Achievment, Integrated Science Process Skills and Critical Thinking of Mathayomsuksa 5 Students with Different Learning Achievment. Pakistan Journal of Social Sciences, 6 (5), 297-303.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.5192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.