PENGARUH LKPD DENGAN STRATEGI REACT PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Mala Pratiwi, Eko Suyanto, Nengah Maharta

Abstract


Pengaruh LKPD dengan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Coorperating, Transfering (REACT) pada Materi Energi Terbarukan terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD dengan strategi REACT pada materi energi terbarukan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penggunaan LKPD dengan strategi REACT pada materi energi terbarukan. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen non equivalent control grup design. Data pada penelitian ini diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, analisis N-Gain, uji independent sample t-test, dan perhitungan effect size. Berdasarkan hasil uji hipotesis, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan. Hasil N-Gain kelas yang menggunakan LKPD berstrategi REACT 0,7 sedangkan kelas yang menggunakan LKPD konvensional sebesar 0,5. Cohen’s d effect size yang didapatkan dikategorikan sangat besar yaitu 1,5 sehinggga efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD berstrategi REACT tinggi.

Keywords


berpikir kreatif, LKPD, REACT

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fatmala, K., Churiyah, M., & Nora, E. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran

Kontekstual REACT. JPBM. 2 (1): 27-40. (Online) di htttp://journal2.um. ac.id/index.php/jpbm/article/download/1688. Diakses pada 5 Januari 2019.

Filsaime, K. D. 2007. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Prestasi Pustaka, Jakarta. 20 hlm.

Gulo, A. 2010. Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Fungsi di Kelas XI SMA Negeri 1 Kutapanjang. Jurnal

Pendidikan Matematika Inspiratif. (Online) di http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php. Diakses pada 27 September 2018.

Husna, F. E., Dwina, F., & Murni, D. 2014. Penerapan Strategi REACT dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Anai. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 26-30. (Online) di http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/

download/1202/894. Diakses pada 29 September 2018.

Marlissa, I. & Widjayanti, D. B. 2015. Pengaruh Strategi REACT ditinjau dari Gaya Kognitf. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2 (2): 189. (Online) di https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7333. Diakses pada 3 Januari 2019.

Muslich, Mansur. 2001. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. PT. Bumi Aksara, Jakarta. 41-42 hlm.

Novita, R., Suyatna, A., & Ertikanto, C. 2015. Pengembangan LKS dengan Scientific Apporch untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. . Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online) tersedia di http://scholar.google.co.id. Diakses pada tanggal 29 September 2018.

Patimah, Lamlam. 2016. Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Coorperating, dan Transfering (REACT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online) tersedia di http://scholar.google.co.id. Diakses pada tanggal 3 Januari 2019.

Prihatini, Yuli. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT Berbasis NHT. Jurnal Pembelajaran Fisika. (Online) tersedia di http://scholar.google.co.id. Diakses pada tanggal 3 Januari 2019.

Sudjana, Nana., Rivai, Ahmad. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru, Bandung. 134 hlm.

Wildani, A. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT terhadap

Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4 (1): 94-101. (Online) di http://jurnal.uim.ac.id/index.php/fkip/articledownload/180/144. Diakses pada 5 Januari 2019.

Wena, Made. 2011. Strategi pembelajaran inivatif kontemporer: suatu tinjauan konseptual operasional. Bumi Aksara. Cet.6, Jakarta hlm. 2-3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.5029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.