Introduction to the development of integrated science teaching materials based on inquiry labs to improve students' science literacy

Yusmanila Yusmanila, Zaturrahmi Zaturrahmi

Abstract


The purpose of this study was to describe the science learning process and the teaching materials used by teachers in science learning. The type of research to be conducted is descriptive quantitative research. Respondents in this study were 26 students of class VIIIA MtsN 6 Sijunjung. The research instrument was in the form of a questionnaire filled out by students and an interview sheet with the educator. The result of the research is that the science learning process is more predominantly carried out through the lecture method compared to the experimental / practicum / inquiry labs method by 83% and the teaching materials most often used by teachers in science learning are textbooks by 85%. Science learning has not facilitated students to have scientific literacy because science learning is more often carried out by the lecture method. Thus, teachers need to develop appropriate teaching materials in order to increase students' motivation and scientific literacy.

 


Keywords


inquiry labs; scientific literacy; teaching materials

Full Text:

PDF

References


Afradisca, E. (2018). Bahan Ajar Sains Terpadu Tematik untuk Meningkatkan Kecerdasan Kuantum dan Literasi Saintifik Siswa SMP Kelas VIII. SEMESTA: Journal of Science Education and Teaching, 1(1), 18-28.

Afriyanti, I. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2019). Penerapan Lembar Kerja Berbasis Model Belajar Tandur Pada Materi Momentum dan Impuls Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1).

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik (Research Procedure An Approach and Practice). Jakarta : PT Rineka Cipta.

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.

Darman, D. R., Wibowo, F. C., Putra, A., & Hasra, A. (2017). Pengembangan Buku Kerja Fisika Berbasis Kontekstual Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2).

Dwi, D. F. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Interaksi Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Mind Mapping dan Motivasi. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA, 1(2), 38-45.

Guntara, Y., & Nona, M. M. (2019). Integrasi Inquiry Training: Pengembangan Physics Subject Specific Pedagogy Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(2).

Kamala, I., Prayitno, B. A., & Sudarisman, S. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inquiry Lesson Tema Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 138-151.

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

Novitasari, E., Masykuri, M., & Aminah, N. S. 2016. Pengembangan modul pembelajaran ipa terpadu berbasis inkuiri terbimbing tema matahari sebagai sumber energi alternatif di kelas vii smp/mts. Inkuiri, 5(1), 112-121.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Nurhidayati, S., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2015). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Kependidikan, 14(3), 285-294.

Probosari, R. M., Sajidan, S., Suranto, S., & Prayitno, B. A. 2016. Dampak inkuiri berjenjang terhadap dimensi literasi sains calon guru biologi. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 450-454)

Samudra, E. Y. A., & Yulkifli, Y. (2019). Analisis Studi Pendahuluan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Inquiry Based Learning Pada Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2).

Saputra, H., Al Auwal, T. R., & Mustika, D. 2017. Pembelajaran Inkuiri Berbasis Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Fisika Universitas SamudrA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 143-148.

Sari, S. D. N. (2013). Hubungan Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 13658.

Sugiyono. 2017. Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Susanti, S., Asyhari, A., & Firdaos, R. 2019. Efektivitas LKPD Terintegrasi Nilai Islami pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 64-78.

Utomo, E. N. P. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Inquiry Lesson Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Keterampilan Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 45-60.

Wibowo, F. C. (2015). Smart Orbital (SO) sebagai Media Pembelajaran Fisika pada Siswa SMP Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahan Kalor. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Yusmanila, Y., Hasra, A., & Razi, P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dalam Bentuk Modul Fisika Kontekstual Pada Materi Fluida dalam Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2).

Yusmanila, Widya. (2020). Analisis Peningkatan Literasi Sains Dengan Penerapan Pembelajaran Group Investigation Dengan Metode Inquiry Labs. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 7(1), 44-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v6i2.8803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.