PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA HIDAYATUN NAJAH
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
D. Agustini, dkk. 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Penguasaan Materi dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MTs. Negeri Patas. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Sains (Volume 3 Tahun 2013).
EFA. 2010, “Education for All Global Monitoring Report 2010, UNESCO. Tersedia pada:www.unesco.org. Diunduh pada 23 Mei 2016.
EFA. 2011, “Education for All Global Monitoring Report 2011”. UNESCO. Tersedia pada:www.unesco.org. Diunduh pada 23 Mei 2016.
Erlina. 2013, Pemanfaatan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Fajar. 2004, Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Galib, L. M. 2002, “ Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah”. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, volume 34, nomor 1 (hlm. 1-31). Tersedia pada http://www.depdiknas.go.id. Diunduh tanggal 25 juni 2016.
Jauhar, Mohamad. 2011, Implementasi PAIKEM dari Behaviouristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Mulyani, Dwi Retno. 2008, Pengaruh Pendekatan STM Dalam Pembelajaran Fisika terhadap Prestasi dan Minat Belajar Siswa. Jurnal FMIPA UPI.
OECD. 2012, PISA 2009 Technical Report. PISA: OECD Publishing. Tersedia pada: www.pisa.oecd.org. Diaskes pada 23 mei 2016.
Poedjiadi. 2005, Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sarwono, Jonathan. 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Jogjakarta. Graha Ilmu
Sutarno,Nono. 2008, Materi Pokok dan Pembelajaran IPA SD;1-9 PGSD4403/3 SKS. Jakarta: UT
Wahyudi, 2002, Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan. Vol 3(6). Hal 389.
Yager, R.E. 1996, Science/technology/Socienty As Reform In Science Education. State University of New York.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i1.915
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Gravity has been indexed by:
| Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI) | |
Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. |