PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DESA MELALUI FUNGSI MANAJEMEN OBJEK WISATA DI DESA SAWARNA KEC. BAYAH KAB. LEBAK

Teguh Aris Munandar, Indra Sudrajat

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana peningkatan pendapatan asli desa Sawarna Kec. Bayah Kab. Lebak melalui fungsi manajemen objek wisata. Responden dalam penelitian ini berjumlah delapan orang yang berasal dari satu orang Kepala Desa Sawarna, satu orang Ketua Pokdarwis, satu orang Kabid Destinasi Dispar Lebak, satu orang Kasi Ekbang Kecamatan Bayah, satu orang Ketua LPM, satu orang pelaku jasa ojek wisata, satu orang pelaku jasa warung wisata, dan satu orang pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian 1) Kepala desa mempunyai perencanaan terkait pengelolaan objek wisata di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak yang di muat dalam musrembangdes, tetapi perencanaan belum maksimal 100% capaiannya baru mencapai 70%. 2) Pengelolaanobjek wisata di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebakbelum terorganisir dengan baik. 3) Kepaladesa masih turun langsung ke lapangansampai ke petugas tiket, parkir dan sebagainya, seharusnya menjadi tugas koordinator lapangan. 4) Pengendalikan dalam pengelolaan objek wisata harus dilakukan oleh kepala Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, dari kecamatan atau kabupaten lebak hanya bersifat pembinaan, dari desa hanya menyetorkan PAD ke kabupaten setiap tahun, timbal baliknya berupa pembangunan kawasan wisata, yang baru berjalan selama 2 tahun. 5) Manajemenpengelolaan sekarang ini mampu meningkatkan pendapatan asli desa (pades) di Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, sekalipun sifatnya masih fluktuatif tergantung moment hari libur, hari raya atau sawarna beach festival yang diadakan setiap awal oktober.

 

Kata kunci:Pendapatan Asli Desa, Fungsi Manajemen, Objek Wisata.

Full Text:

PDF

References


Desky. M. A. 2009. Manajemen Perjalanan Wisata. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Priansa, Donni Juni & Garnida, Agus. 2015. Manajemen Perkantoran. Bandung : CV Alfabeta

Siahaan, Marihot P. 2015. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Munandar, T. A., & Darmawan, D. (2020).Implementasi Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin Pada Komunitas Nelayan Tradisional Untuk Kesejahteraan Sosial Ekonomi Di Lontar Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v6i2.10096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
sosiologi@untirta.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats