PENGEMBANGAN INSTRUMEN ADIKSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM REMAJA

deasy yunika khairun, Ibrahim Al Hakim

Abstract


Penelitian bertujuan menghasilkan sebuah produk yang berupa instrumen angket atau kuesioner adiksi media sosial instagram. Produk dirancang sebagai salah satu alat untuk mengidentifikasi remaja yang memiliki adiksi media sosial instagram. Metode yang digunakan adalah Research and Development. Tujuan research and development adalah menghasilkan sebuah produk tertentu dan menguji keefektifan dari sebuah produk. Tahapan-tahapan pengembangan instrumen adiksi media sosial instagram adalah (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) uji coba pemakaian. Hasil uji coba pemakaian instrumen adiksi media sosial instagram dengan 46 item pernyataan menghasilkan 32 item yang dinyatakan valid dan 14 item dinyatakan tidak valid dan tingkat reliabilitas  0.827 (tinggi).

Kata- Kata Kunci: Adiksi,  Media Sosial Instagram, Angket, Remaja


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v7i1.10433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
sosiologi@untirta.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats