IMPLEMENTASI PRODUK SMART CITY KOTA SERANG SEBAGAI BENTUK PELAYANAN PUBLIK DI KOTA SERANG (STUDI DESKRIPTIF PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SERANG)

Nada Nursyahidah, Ronni Juwandi, wika hardika

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi produk smart city Kota Serang sebagai bentuk pelayanan publik di Kota Serang. Penelitian ini dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang dan kecamatan- kecamatan di Kota Serang. Metode pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam implementasi produk smart city di kota serang yaitu dinas kominfo melakukan pengadaan infrastruktur smart city seperti pemasangan jaringan internet pada tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai tingkat kelurahan, membuat website tunggal bagi tiap OPD untuk memudahkan OPD menginput informasi dan memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi, sehingga terciptanya transparansi pelayanan kepada masyarakat, sampai dengan menciptakan produk penunjang smart city seperti aplikasi Sikondang, aplikasi Rabeg, layanan Serang Siaga 112, juga aplikasi Gelati. Respon yang diberikan oleh masyarakat terhadap produk smart city yang mana harapan masyarakat akan pelayanan publik di kota serang yaitu mendapatkan pelayanan yang memudahkan bagi masyarakat. Perlahan masyarakat sudah mulai turut berpatisipasi dengan memberikan laporan kejadian darurat pada layanan 112. Sebagian masyarakat mulai mengapresiapsi produk yang pemerintah keluarkan. Berbagai inovasi berbentuk aplikasi yang pemerintah keluarkan, dan pemerintah terus memantau setiap inovasi- inovasi yang tengah terjadi di kota lain agar kota serang tidak menjadi kota yang tertinggal.

Kata Kunci: Smart City, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v7i1.11022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
sosiologi@untirta.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats