Peran orang tua terhadap vaksinasi anak di Desa Rejai Kabupaten Lingga

Kana Mardiyana, Rahma Syafitri, Sri Wahyuni

Abstract


Pemberian vaksinasi kepada anak khususnya anak usia SD yaitu 6-11 tahun tidak akan pernah terlepas dari peran orang tua dalam mensukseskan vaksinasi Covid-19 di Desa Rejai karena terdapat sejumlah anak yang tidak mau di vaksin serta pandangan negative orang tua terhadap efek vaksin bagi anak juga bermunculan pada sebagian orang tua di Desa Rejai. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun di Desa Rejai Kecamatan Bakung Serumpun Kabupaten Lingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif  deskriptif. Adapun hasil penelitian tentang peran orang tua dalam vaksinisasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun di Desa Rejai dapat dilihat dari  peran orang tua dalam memberikan teladan kepada anak dengan melakukan vaksin terlebih dahulu mengarahkan anggota keluarga untuk melakukan vaksinisasi, membujuk anak agar mau di vaksin,  memberikan semangat yaitu dengan memberikan anak hadiah, menyemangati anak dengan kata kata semangat. Peran dalam memberikan bimbingan yaitu mengarahkan anak ketika pergi vaksin agar bersama teman-teman yang mempunyai keberanian untuk di vaksin serta meminta bantuan kepada keluarga yang dekat sama anak untuk menemani anak saat vaksin. Juga peran dalam sosialisasi yang dilakukan yaitu orang tua menjelaskan terlebih dahulu kepada anak-anak tentang manfaat  dari vaksin. Peran yang paling dominan yang sering dilakukan dan yang paling mempengaruhi anak-anak agar mau divaksin yaitu memberikan semngat kepada anak dengan memberikan anak hadiah sehingga secara keselurahan peran orang tua dalam vaksinisasi Covid-19 telah terlaksana dengan baik. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan dapat lebih protective terhadap anak, hususnya terhadap kesehatan anak dengan cara mendukung sepenuhnya program kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah.

 

Kata-kata Kunci: Peran; Orang tua; Vaksinisasi.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asih, Gusti Yuli and Margaretha Maria Shinta Pratiwi. 2010. “Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi.” Jurnal Psikologi 1(1):33–42.

Bernadib, Imam. 1986. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Bodgan and Taylor. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Castro, Marcia C., Susie Gurzenda, Cassio M. Turra, Sun Kim, Theresa Andrasfay, and Noreen Goldman. 2021. “Reduction in Life Expectancy in Brazil after COVID-19.” Nature Medicine 27(9):1629–35.

Dethan, Christine Mariane and Ni Luh Putu Suariyani. 2017. “Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perilaku Vaksinasi HPV Pada Siswi SMA Swasta.” Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 13(2):167.

Hasbullah. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hursh, Steven R., Justin C. Strickland, Lindsay P. Schwartz, and Derek D. Reed. 2020. “Quantifying the Impact of Public Perceptions on Vaccine Acceptance Using Behavioral Economics.” Frontiers in Public Health 8(December):1–7.

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. 2021. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):241.

Munir, Zaldy. 2010. Pengertian Orang Tua. Bandung: Refika Aditama.

Nida, Afifah Ainun and Septi Kuntari. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Edukasi Dan Sains 3(1):93–105.

Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga, Remaja Dan Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v9i1.18895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
sosiologi@untirta.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats