Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Kinemaster Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah
Abstract
Abstrak
Penelitian iniIbertujuan untuk menghasilkan sebuah produkKpembelajaran berupa media audio visual sebagai bahan ajar bagi siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPS materi perjuanganNmelawanNpenjajah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (R&D), hingga tahap uji efektivitas produk yang telah dikembangkan. Untuk mengetahuiIkoherensi antara materi dan media, ujiIvaliditas telahHdilakukan oleh ahli materi dan media. Hasil validitas produk oleh dua ahli diperolehHkategori sangat layak. Dari ahli materi diperoleh nilai 88,6% dan ahli media diperoleh nilai 87,5%.Berdasarkan hasilLanalisis dua ahliIserta ujiIcoba pada siswa dan guru, maka media audio visual telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagaiImediaApembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Kata Kunci : Media Audio Visual, Video Berbasis Kinemaster.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Benny, A.P. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Conny R..S. (2017). Catatan Kecil Tentang Penilitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dimyati dkk. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Putra
Gunawan, Rudy. (2011). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.
Nulhakim Lukman dkk. (2020).Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis MultimediaInteraktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Jurnal Ilmiah Mimbar PGSD Undiksha.
Nulhakim Lukman dkk. (2020).Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education).
Nulhakim Lukman dkk. (2015).Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.
Nulhakim Lukman dkk. (2022).Pengembangan LKPD Berbasis Model Auditory Intellectually Repetition (AIR)Pada Materi IPA Kelas IV. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar.
Nulhakim Lukman dkk.(2013).Pengembangan Media dan Sumber Belajar. https://press.untirta.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v8i2.19541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]
Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by: