Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Sosiologi melalui Media Pembelajaran Teka Teki Silang Sosiologi

Hisnuddin Lubis

Abstract


Abstrak

Media pembelajaran merupakan wahana dan penyampai informasi pendidikan yang dirancang secara baik untuk membantu peserta didik dan mahasiswa memahami meteri perkuliahan. Di era digital ini menuntut peserta didik agar lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pemahaman knowledge salah satunya dengan hadirnya media pembelajaran teka teki silang, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep dasar sosiologi. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan. Walaupun prancangan media pembelajaran teka teki sosiologi memerlukan keahlian khusus, bukaberarti media tersebut dihindari adapun media tersebut meliputi komponen soft ware, Leaning Management system (LMS), dan learning content (LC) Kata Kunci. Media Pembelajaran, Teka Teki Sosiologi, Teknologi.

Abstract

Learning media is a vehicle and transmitter of educational information designed to help students and students understand lecture methods. In this digital era requires students to be more creative and innovative in providing understanding of knowledge, one of which is the presence of crossword puzzle learning media, which aims to improve understanding of the basic concepts of sociology. The use of technology as a learning media has been integrated. Although the practical media of learning sociological puzzles is special, it does not mean that the media is avoided as for the media including soft ware components, Lean Management systems (LMS), and learning content (LC). Keywords. Learning Media, Puzzle Sociology, Technology.


Full Text:

Pdf

References


Ali, M, Dkk. 2005. ”Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Dalam Mata Diklat Penerapan Konsep Dasar Listrik Dan Elektronika Di Smk”. Laporan Penelitian Research Grant PHK A2 Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY

Ali, M, Dkk. 2007. “Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk memfasilitasi belajar mandiri pada mata kuliah medan elektromagnetik Di jurusan pendidikan teknik elektro FT UNY”. Laporan Penelitian Dosen Muda Lembaga Penelitian UNY.

Arsyad, A. 2005. “ Media Pendidikan”. Jakarta:Pustekkom Diknas & PT. Raja Grafindo Perkasa.

Nugroho, S. 2008. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Diklat Dasar Listrik dan Elektronika di SMK”. Laporan Proyek Akhir, Jurusan Pendidikan Teknik Elektro FT UNY.

Nurseto, Tejo. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 8. No. 1: 19-35.

Sadiman, A, dkk. 2002. “Media Pendidikan”. Jakarta:Pustekkom Diknas & PT. Raja Grafindo Perkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v4i2.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats