IMPLEMENTASI SANKSI BERJENJANG BAGI PELANGGAR TATAKRAMA DAN TATA TERTIB PADA SISWA SMA NEGERI 2 CIBEBER LEBAK

Stevany Afrizal, sastra juanda, jedah nurlatifah

Abstract


Sekolah memiliki sanksi berjenjang bagi warganya yang tidak dapat mentaati peraturan tersebut sesuai dengan tingkat pelanggaran siswa. Sanksi sangat penting diterapkan bagi siswa agar tetap pada jalur yang sesuai dengan ketentuan sekolah.prosedur. Penelitian ini telah berusaha mendeskripsikan implementasi sanksi berjenjang yang diterapkan bagi siswa yang melanggar tata tertib di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Cibeber Lebak. Prosedur penelitian yang dipakai adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) sanksi berjenjang bagi siswa pelanggar tatakrama dan tata tertib di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Cibeber lemah dalam implementasinya. Ditunjukkan dengan banyaknya kasus pelanggaran yang tidak mendapatkan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran. (2) hal yang melatarbelakangi yaitu: perilaku siswa yang sudah menjadi habitus dalam melanggar sehingga sulit dirubah dan dihilangkan. Lemahnya tindakan sekolah dalam memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar, adanya pengaruh kultur siswa dan masyarakat sekitar, pengaruh jabatan siswa di sekolah, pengaruh relasi siswa dengan guru, dan pengaruh ekonomi siswa.


Full Text:

PDF

References


Bourdie, Pierre. 2015. Arena Produksi Kultural (Sebuah Kajian Sosiologi Budaya). Sidorejo: Kreasi Wacana

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Pendidikan Michael Foucault (Pengetahuan, Kekuasaan, Disiplin, Hukuman Dan Seksualitas). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moleong. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Rifai, Muhammad. 2011. Sosiologi Pendidikan ( Struktur Dan Interaksi Sosial Dalam Institusi Pendidikan). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Schaefer, Richard T. 2012. Sosiologi (Sociology). Jakarta: Salemba Humanika




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika

Published by Department of Sociology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
[email protected]

Creative Commons License

Jurnal Hermeneutika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika Indexed by:


      issn    neliti  base  worldcat  University of Saskatchewan Library  pkp indeks  

scilit onesearch.id  Scientific Indexing Services  moraref    

View My Stats