The Nyekelan Tanah Tradition: An Analysis of Multicultural Values in the Dayak Kantuk Kapuas Hulu Community
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdiono, I. B., & Adon, M. J. (2023). Konsep Filosofis Bhancak Taun Sebagai Relasai Antara Masyarakat Dayak Suaid Dengan Dwata. SABANA: Jurnal Sosiologi, Antropologi, dan Budaya Nusantara, 2(3), 147-158.
Aksa, A. H. (2024). Nilai-Nilai Dan Tradisi Sebagai Perekat: Studi Sosiologis Pada Komunitas Sunni-Syi’ah Di Jepara. Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama (JISA), 7(1), 15-30.
Al-Hamzi, A. M. S., Nababan, M., Santosa, R., & Anis, M. Y. (2024). Socio-pragmatic analysis of utterances with polite addressing terms: translation shift across Arabic-English cultures. Cogent Arts & Humanities, 11(1), 2359764.
Astria, G., Putri, D. Y., & Yasin, M. (2024). Hubungan Manusia, Masyarakat, dan Budaya di Lingkungan Gang Etam, RT 35 Sangatta Utara. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(9), 645-658.
Awalita, S. N. 2024. Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Rahmatan Lil’alamin Tingkat Madrasah Ibtida’iyah. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 1–12.
Fatmala, S., Sari, N. E. P., Lestari, T., Safira, G., Hidayatullah, P., & Nurmalasari, V. (2024). Pancasila dan Multikulturalisme: Implementasi pada Nilai-Nilai Dasar Pancasila dan Makna yang Terkandung sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Basicedu, 8(1), 19-35.
Herlina, S., Boer, R. F., Fasadena, N. S., Sos, M., Kede, A., Kahfi, M. A. M., ... & Deryansyah, A. D. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi. Basya Media Utama.
Hum, S. M., & Setyowati, R. R. N. (2020). Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Jiwa Nasionalisme Generasi Muda. Yogyakarta: K-Media.
Iqbal, M. (2023). Masyarakat Multikultural Perspektif Indonesia: Mengkaji Ulang Teori Multikultural Bikhu Parekh. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 5(1), 28–40.
Loke, L. K., Marung, M. D., & Rato, E. P. (2023). Teori dan Pendekatan Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 9(2), 138-149.
Mahardhani, A. J., & Cahyono, H. (2017). Harmoni Masyarakat Tradisi Dalam Kerangka Multikuluralisme. Asketik: Jurnal Agama Dan Perubahan Sosial, 1(1).
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73-88.
Purba, V. F., Bangun, I. B., Bangun, J. A. B., Anggraini, T., Margaretha, S., & Husin, M. H. (2024). Nilai Ketuhanan Dalam Membangun Harmoni Sosial: Strategi Implementasi Untuk Mencegah Konflik Antar Siswa Di Sekolah SMPN 17 Medan. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 457-465.
Ramadhan, I. (2021a). Keberagaman Etnis Madura Di Kalimantan Barat. Proyeksi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 26(2), 100-107. https://doi.org/10.26418/proyeksi.v26i2.2902.
Ramadhan, I. (2021b). Pembangunan Pariwisata Equator Park Dan Perubahan Sosial Budaya Ekonomi Masyarakat: Equator Park Tourism Development and Social Cultural Economic Change of The Community. ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial Dan Budaya, 10(3), 390-322.
Ramadhan, I., Hardiansyah, M. A., Imran, I., Firmansyah, H., & Aditya, M. C. P. (2023a). Becupin Tradition: The Efforts of Young Generation in Maintaining the Existence of Malay Culture in Kapuas Hulu. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 12(1), 133-142. https://doi.org/10.22202/mamangan.v12i1.6625.
Ramadhan, I., Firmansyah, H., Adlika, N. M., Wiyono, H., & Putri, A. E. (2023b). Kuda Kepang Barongan: Eksistensi Kebudayaan Etnis Jawa Di Pontianak Sebagai Sumber Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(2), 147-163. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v8i2.3956.
Rengat, I. S., Ronaldo, P., & Hexano, S. A. D. (2022). Upacara Adat Gawai Suku Dayak Kalbar sebagai Kearifan Lokal dan Pembentuk Nilai Solidaritas. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 182-193. https://doi.org/10.22437/titian.v6i2.21080.
Rino, R., Imran, I., Ramadhan, I., & Dewantara, J. A. (2022). Analisis Rasionalisasi Nilai-Nilai Mitos Tradisi Bepapas Pada Masyarakat Melayu Sambas di Desa Tempapan Hulu Kabupaten Sambas. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3051-3065.
Sanderan, R., Tapingku, J., Paillin, F., Ta’dung, R., & Sangapa, N. (2024). Inkubasi Layanan Melalui Pembinaan Desa Moderasi Beragama: Merajut Perubahan Positif Di Lembang Kayuosing. Bida: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21-28.
Sila, I. M., Purana, I. M., & Awa, A. R. B. (2020). Penerapan nilai-nilai pancasila dalam pelaksanaan Upacara Adat Purung Ta Kadonga Ratu pada masyarakat Desa Makatakeri Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NNT). Widya Accarya, 11(1), 84-96. https://doi.org/10.46650/wa.11.1.837.84-96.
Syam, C., Olendo, Y. O., Dewantara, J. A., & Rahmani, E. F. (2024). Oral literature and social identity of the Dayak Kanayatn: the extinction of oral literature in the midst of contemporary cultural trends. Cogent Arts & Humanities, 11(1), 2376785.
Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Laia, B., Sriartha, I. P., & Mudana, W. (2024). Membangun Kesadaran Multikultural Melalui Implementasi Model Pendidikan Inklusif Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(2), 383-396.
Yumnah, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengintegrasikan Nilai-Nilai Multikultural Untuk Membentuk Karakter Toleransi. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 11-19.
Refbacks
- There are currently no refbacks.