KAJIAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TERHADAP PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Abdurohim Abdurohim, Enden Mina, Restu Wigati

Abstract


Pendidikan Karakter seharusnya sudah dimulai sejak sedini mungkin, baik ketika masih dalam
kandungan ibu, dalam keluarga, kelompok bermain ataupun Pendidikan anak usia dini. Pendidikan
pada usia dini pada dasarnya adalah pendidikan yang dilakukan oleh keluarga sebagai pusat
pendidikan yang sangat berperan dalam proses perkembangan anak pada usia dini. Hal yang
perlu disadari oleh orang tua adalah bahwa dengan mendapatkan pelayanan PAUD, perkembangan
aspek psikologis dan psikis anak akan meningkat dan berkembang dengan lebih optimal
dibandingkan anak yang tidak melalui PAUD. Faktor yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan
anak usia dini adalah animo masyarakat atau kesadaran orang tua tentang pentingnya PAUD yang
masih rendah. Dasar pemikiran dalam penelitian yang akan dianalisa adalah bahwa dalam
meningkatkan fungsi penyelenggaraan pendidikan anak usia dini lebih efektif perlu diketahui
beberapa faktor yang menyebabkan lemahnya tingkat pengetahuan masyarakat terutama kaum
ibu sebagai orang terdekat mengingat usia dini merupakan periode emas (goldenage) bagi
perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Metodologi yang digunakan dalam
penelitian adalah metode deskritif kuantitatif dengan instrumen penelitian terdiri dari beberapa
daftar pertanyaan (kuesioner). Pengolahan data menggunakan analisis statistik parametris melalui
pengujian t-test terhadap responden yaitu ibu-ibu yang memiliki anak usia 4 sampai 6 tahun di
Kelurahan LebakgedeKecamatan Pulomerak Kota Cilegon.
Kata kunci: PAUD, Pengetahuan Ibu, anak usia 4 – 6 tahun.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.