MODEL IMPLEMENTASI SISTEM PENDIDIKAN KARAKTER (Studi di SDIT AL-IZZAH Serang)

Siti Muhibah

Abstract


Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional. Pasal 1 Undangundang
Sisdiknas tahun 2003 menyatakan bahwa diantara tujuan pendidikan nasional adalah
mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia.
Pendidikan yang bertujuan melahirkan insan cerdas dan berkarakter kuat juga pernah dikatakan
Dr. Martin Luther King, yakni; intelligence plus character.. that is the goal of true education (kecerdasan
yang berkarakter adalah tujuan akhir pendidikan yang senbenarnya). Pendidikan karakter adalah
pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan
(feeling), dan tindakan (action). Menurut Thomas Lickona tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan
karakter tidak akan efektif. Pembelajaran di SDIT Al-Izzah adalah meramu beberapa kurikulum
yang kemudian dituangkan dalam kurikulum SDIT Al-Izzah yang memadukan antara kurikulum
Diknas, Depag, Yayasan dan JSIT. Adapun model pembelajaran yang diimplementasikan dalam
bentuk pembelajaran melalui dua kegiatan diantaranya kegiatan indoor dan outdoor. Terdapat
Sembilan pilar karakter yang berasal dari nilai-nilai yang berasal dari nilai-nilai luhur universal,
yaitu: Pertama, cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya; kedua, kemandirian dan tanggungjawab.
Ketiga, kejujuran/amanah, diplomatis; keempat, hormat dan santun; Kelima, dermawan, suka
tolong menolong dan gotong royong/kerjasama; Keenam, percaya diri/pekerja keras; Ketujuh,
kepemimpinan dan keadilan; Kedelapan, baik dan rendah hati, dan Kesembilan, karakter toleransi,
kedamaian, dan kesatuan.Hasis analisis diatas bahwa SDIT Al-Izzah Serang dalam
mengimplementasikan pendidikan berkarakter adalah melalui kurikulum terpadu dengan muatan
8 mata pelajaran, 5 muatan lokal, 2 program pengembangan diri, dan 4 target pembiasaan. Adapun
karakter yang dibangun adalah : aqidah yang bersih, ibadah yang benar, pribadi yang matang,
mandiri, cerdas dan berpengetahuan, sehat dan kuat, bersungguh-sungguh dan disiplin, tertib dan
cermat, efisien, dan bermanfaat.
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Sistem Pendidikan, Dan Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.