PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI DONGENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manfaat dongeng dalam pembentukan
karakter anak dan (2) mendeskripsikan teknik penyampaian dongeng yang sesuai dengan usia
anak. Fokus penelitian ini adalah “Bagaimana pembentukan karakter anak melalui dongeng?”
Selanjutnya fokus ini dirinci menjadi dua sub-subfokus, yaitu (1) Bagaimana manfaat dongeng
dalam pembentukan karakter anak? dan (2) Bagaimana teknik penyampaian dongeng yang sesuai
dengan usia anak? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kajian pustaka dengan teknik
analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku-buku yang membicarakan pendidikan karakter,
psikologi kepribadian, dan karya sastra. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Dongeng mempunyai
banyak manfaat, di antaranya adalah (a) dongeng mengajarkan nilai moral yang baik, (b) dongeng
mengembangkan daya imajinasi anak, (c) dongeng menambah wawasan anak, (d) dongeng
meningkatkan kreativitas anak, (e) dongeng mendekatkan anak dengan orang tua, dan (e) dongeng
menghilangkan ketegangan (stres). (2) Ada beberapa cara (teknik) yang dapat dilakukan dalam
menyampaikan dongeng yang sesuai dengan usia anak, yaitu (a) Anak-anak diminta menyebutkan
ciri-ciri tokoh dalam dongeng, (b) Anak-anak diminta mengaitkan dongeng dengan lagu tertentu, (c)
Orang tua/guru menceritakan fakta yang terkait dengan tokoh dongeng, dan (d) Orang tua/guru
memberi kebebasan kepada anak untuk membuat akhir cerita dongeng. Oleh karena itu, orang tua
dan guru sebaiknya menyisihkan waktu untuk memberikan dongeng yang mendidik anak-anak
karena dongeng mempunyai potensi konstruktif untuk mendukung perkembangan mental anak.
Selain itu, orang tua dan guru sebaiknya mempunyai keterampilan dalam mendongeng. Orang tua
dan guru harus menguasai cara (teknik) penyampaian dongeng yang sesuai dengan usia anak
sehingga dongeng yang disampaikan menjadi sangat menarik bagi anak-anak.
Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Manfaat Dongeng, dan Teknik Penyampaian Dongeng.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.