NILAI PENDIDIKAN DALAM ‘IBRAH QASHASH AL-QUR’AN (Analisis Sintesis terhadap Kisah-kisah dalam Al-Qur’an)

Ma’zumi Ma’zumi, Ratu Amalia Hayani, Wardatul Ilmiah

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan konsep kisah Al-Qur’an tentang pendidikandan relevansi kisah-kisah dalam Al-Qur’an dengan Pendidikan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kisah-kisah dalam Al-Qur’an adalah kisah yang dapat dibuktkan kebenarannya secara arkeologis dan ilmiah. Kisah-kisah dalam Al-Qur’an pada umumnya adalah ayat-ayat makkiyyah, yang ketika Islam datang, masyarakat dalam perilaku jahiliyah dan jumud. Al-Qur’an diturunkan sebagai tuntunan keselamatan dan memberikan kemudahan, untuk mengangkat derajat kemanusiaan sesuai dengan misi Al-Qur’an, misi Kisah-kisah dalam Al-Qur’an, dan misi kerasulan nabi Muhammad SAW. Filosofi, hikmah, dan ‘ibrah yang terkandung, sangat sarat dengan pesan dan nilai-nilai edukatif, namun harus dipahami secara tulus, logis, sistematis dan komprehensif. Metode penelitian dalam penulisan artikel ini adalah pendekatan kulitatif, tafsir tahlili, dengan metode analstis sintesis. Secara konseptual dimulai dengan membaca, mencatat (mengumpulkan data), menidentifikasi, menyusunnya dalam satuan-satuan sesuai urutan pola berpikir, kemudian menganalisis hingga pada kesimpulan. Masalah penelitian ini adalah apa konsep kisah Al-Qur’an tentang pendidikan? dan apa relevansi kisah Al-Qur’an dengan Pendidikan? Hasil penelitian, bahwa kisah-kisah yang disajikan dalam Al-Qur’an, merupakan konsep irsyad (tuntunan, petunjuk), hiwar (dialog), dzikr (pengingat), hikmah (makna filosofis, atau pelajaran), tandzir (peringatan). Relevansi kisah-kisah dalam Al-Qur’an dengan pendidikan yaitu kisah yang dikemas dalam beragam bentuknya menjadi metode alternatif dalam proses pembelajaran yang mudah, menarik dan berkesan; kisah menjadi media untuk menyampaikan pesan dan internalisasi nilai-nilai dalam upaya pembinaan akhlak peserta didik; dan kisah dapat menjadi metode pendidikan yang efektif bagi pengembangan kecerdasan dan pembentukan jiwa yang tangguh dan taat sesuai dengan misi kisah dan misi kerasulan Muhammad SAW.

Full Text:

PDF

References


Al-Shouwy, Ahmad, 1995, Mu’jizat Al-Qur’an dan As-Sunnah tentang Iptek, Cet. 1. Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Qaththan, Manna’ Khalil, dalam Usman, 2009, Ilmu Tafsir. Yogyakarta: Teras.

----------------------------------------, 1074 H., Mabahits fi Ulumul Quran, (tt Masyurah al-Asyr.

Anshori, Mohammad Lutfil, 2015, Al-Takrar fi Al-Qur’an, Jurnal Al-Itqan, Vol 1, No 1.

Hanafi, A., 1983, Segi-segi Kesusasteraan pada Kisah-Kisah Quran. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Hatta, Jauhar, 2009, Urgensi Kisah-Kisah dalam Al-Qur‟an al-Karim bagi proses Pembelajaran PAI pada MI/SD, dalam Jurnal Al-Bidayah PGMI, Vol 1 No 1.

Junaidi, AF., 2004, Konsep Al-Qur‟an dalam Pendidikan Spiritual Anak Melalui Kisah- kisah, dalam Jurnal Fenomena UII vol 2.

Munawir, A.W., 1997, Kamus Al-Munawwir: Arab-Indonesia, Edisi ke 2. Surabaya: Pustaka Progressif.

Munawir, Fajrul, dkk., 2005, Al-Quran. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Nasution, Harun, 1998, Islam Rasional. Bandung: Mizan.

Nizar, Samsul dan Zaenal Efendi Hasibuan, 2011, Hadis Tarbawi:Membangun Kerangka Pendidikan Ideal Perspektif Rasulullah, cet. ke-1. Jakarta: Kalam Mulia.

Qutb, Sayid, 2004, Indahnya Al-Qur’an Berkisah. Jakarta:Gema Insani.

Rofiah, Nurul Hidayati, 2014, Kisah-kisah dalam Al Qur’an dan Relevansinya dalam Pendidikan Anak Usia SD/MI. Prosiding Seminar nasional Guru dalam Bayang-Bayang Pidana (Memahami Konsep Punishment dalam Dunia Pendidikan. ISSN 2406-9450.

Sari, Abu, 2016, The Stories In Al-Qur’an,Vol 1 No 1, Putih: Jurnal Pengetahuan tentang Ilmu dan Hikmah. Surabaya: Ma’had Aly Al Fithrah.

Shalah, Al-Khalidy, 2000, Kisah-kisah Al-Qur’an: Pelajaran dari Orang-orang Dahulu. Jakarta: Gema Insani Press.

Shihab, M. Quraish, 1998, Mukzizat al-qur‟an :ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Gaib. Bandung:Mizan.

Tambak, Syahraini, 2016, Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Thariqah Vol. 1, No. 1.

https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/614/317

http://istanailmu.com/2011/04/12/qashash-kisah-kisah-dalam-Al-Qur‟an/html Istana Ilmu, Qasha

sh (Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.