MELATIH PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI

Siti Muhibah, Iwan Ridwan, Najmudin Najmudin, Abdul Aziz

Abstract


Tulisan ini mencoba membuka khazanah gagasasan yang ditawarkan Imam Al-Ghazali tentang pembentukan akhlak al-kariimah pada awal pertumbuhan anak. Pendidikan moral merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan untuk menanamkan perilaku baik kepada setiap anak. Sebagaimana ciri khas dari pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali yang lebih menekankan pentingnya menanamkan nilai moralitas yang dibangun dari basic pendidikan akhlak Islami. Mengingat pentingnya pendidikan moral ditanamkan kepada anak sejak dini maka pada penelitian ini yang menjadi rumusan masalah yaitu: bagaimana melatih pendidikan moral untuk anak menurut Imam Al-Ghazali, dan bagaimana metode mendidik moral pada anak dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis pedagogis, adapun sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, dan analisis data dilakukan dengan teknik content analysis. Hasil penelitian menyatakan bahwa pemikiran Imam Al-Ghazali tentang pendidikan lebih menekankan pada pendidikan moral dengan pembinaan budi pekerti dan penanaman sifat-sifat terpuji pada anak sejak dini, metode yang dapat digunakan dalam mendidik anak dengan cara menerapkan pembiasaan, dan menceritakan kisah-kisah akhlak mulia.

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah, 2003, Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Al-Ghazali, 2003, Ihya ‘Ulumiddin (Menghidupkan Ilmu-Ilmu Agama Islam), Semarang: Asy Syifa, jilid I.

--------------------, 1967, Ihya Ulumuddin, juz III (Beirut: Muassasah al-Hilby)

------------------- Ihya’Ulumuddin jilid 5, 2009, (penerbit CV Asyifa, Semarang, cetakan ke 30)

H. A. R. Gibb and J.H. Kramers, 1974, Shorter Encyclopaedia of Islam (Leiden: E.J. Brill)

Mhd. Habibu Rahman, 2019, Metode mendidik akhlak anak dalam perspektif Imam Al-Ghazali, (Jurnal Equalita, Volume 1 Issue 2, Desember 2019, penerbit Pusat Studi Gender dan anak LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon Indonesia)

M. Miftahul Ulum, 2007, Konsep Pendidikan Anak Menurut Al -Ghazali Dan Relevansinya Dengan Arah Dan Tujuan Pendikan Nasional Di Indonesia ( Jurnal At-Ta’dib, volume 4 Nomor 2)

Suryabrata, Sumadi, 1987, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rajawali)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.