KEBIJAKAN DESENTRALISASI PENDIDIKAN DI ERA OTONOMI DAERAH

Iwan Ridwan, Iin Ratna Sumirat

Abstract


Krisis ekonomi yang dialami bangsa Indonesia, telah berdampak terhadap sIstem pemerintahan Indonesia. Dimana sebelum bergulirnya reformasi (1998), Indonesia dipimpin oleh Soeharto. Masa pemerintahan Soeharto sistem pemerintahan dikenal dengan sistem sentralistik, artinya semua kebijakan diambil dan dibuat oleh pusat. Lengsernya Soeharto yang ditandai dengan masa reformasi, maka sistem pemerintahan berubah dengan sistem desentralisasi atau yang dikenal dengan otonomi daerah. Otonomi daerah yang merobah paradigma pemerintahan dari pusat ke daerah juga telah mempengaruhi terhadap dunia pendidikan yang pada akhirnya telah dapat melahirkan tentang sebuah kebijakan yang berkaitan dengan otonomi pendidikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian literatur atau kepustakaan yang merupakan jenis penelitian kualitatif yang pada umumnya tidak terjun ke lapangan dalam pencarian sumber datanya. Penelitian literatur memuat beberapa gagasan atau teori yang saling berkaitan secara kukuh serta didukung oleh data-data dari sumber Pustaka. Dalam penulisan artikel ini penulis menggunakan metode penelitian literartur yaitu mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan yang ditemukan. Referensi yang digunakan adalah jurnal, buku, artikel laporan hasil penelitian dan situs-situs di internet. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.

Full Text:

PDF

References


Abdul, Halim, (2001), Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah Yogyakarta Penerbit UPP AMP YPKN.

Abdulrahman, (1987), Beberapa Pemikiran tentang otonomi Daerah Jakarta Media Sarana Press.

Agrawal, Arun and Jesse Ribot, (2000), Accountability in Decentralization, A Framework with South Asian and West African Cases, Yale University: Departemen of Political Science.

Ary, H. Gunawan, (1986) Kebijakan-Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Azra, Azyumardi, (2000), Desentralisasi Pendidikan dan Otonomi Daerah Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Gontor. ISID

Danuredjo, (1977), Otonomi Indonesia Ditinjau dalam Rangka Kedaulatan. Jakarta Penerbit Laras.

Freeman, Andrew R., (1983), The Network Nation —The Relevance of This For Possible Education and General Administrative Structure and Strategiesin the 1980s— And 90s, Master of Education Minor Thesis, University of Melboure (updated 28 August 1996), afreeman@pcug.org.au.

Hasbullah, (2007), Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah Dan Implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Koesoemahatmadja (1979). Pengantar Kearah Sistem Pemerintahan di Daerah Indonesia Bandung Penerbit: Al.Ma’arif.

Mardiasmo (2002). Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah Yoyyakarta Penerbit Andi Offset.

Muhdi, Ali. (2007), Konfigurasi Politik Pendidikan Nasional. Yogyakarta. Pustaka Fahima.

Mulyasa (2004), Manajemen Berbasis Kompetensi. Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung Rosda Karya.

Santoso, Hamijoyo, (1999), Pola Otonomi Daerah yang Efektif dan Efisien untuk Diimplementasikan dalam Bidang Pendidikan Malang: FIP UNM

Syafaruddin, (2008), Efektivitas Kebijakan Pendidikan. Konsep, Strategi dan Alikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Penerbit Rineka Cipta.

Umiarso, Iman Gojali, (2010), Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan Penerbit IRCiSoD.

Wajong. (1979). Asas dan Tujuan Pemerintahan Daerah. Jakarta penerbit Djambatan

Yoyon. Suryono, (2000) Arah Kebijakan Otonomi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: FIP UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.