MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG

Siti Muhibah, Ima Maisaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara mengembangkan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Tirtayasa kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode  deskriptif analitis. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan kemudian dianalisis secara deskriptif  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara mengembangkan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Islam Tirtayasa maka kepala sekolah dan guru telah membuat program sekolah berupa pembiasaan yang berkaitan dengan nilai-nilai religius, seperti sebelum pelajaran dimulai siswa selalu membiasakan shalat dhuha dan membaca al-Qur’an, membiasakan shalat dhuhur berjamaah dan shalat ashar berjamaah di masjid sekolah, serta menghafal surat-surat pendek atau juz ‘Amma pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam guna melatih sikap religius siswa. Selain itu siswa juga diwajibkan datang tepat waktu dan diberikan sanksi jika datang terlambat untuk melatih kedisplinan siswa, siswa di larang mencontek saat ulangan untuk melatih kejujuran siswa, dan siswa di wajibkan untuk melaksanakan piket kelas sesuai jadwal yang telah ditetapkan untuk melatih sikap tanggunjawab.  Adapun faktor penghambatnya adalah setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan motivasi yang berbeda pula sehigga guru mengalami kesulitan dalam mengkondisikan siswa dalam belajar. Sedangkan pendukungnya adalah  sarana dan prasarana yang memadai dan media pembelajaran yang cukup lengkap serta ditunjang dengan kompetensi guru yang cukup baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para pendidik dan tenaga kependidikan untuk melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran yang terkait dengan pembentukan karakter siswa.


Full Text:

PDF

References


Darmawan, Hendro, dkk., Kamus Ilmiah Populer Lengkap, (Yogyakarta: Bintang Cemerlang, 2010)

Furqon Hidayatullah, Penbdidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, (Surakarta: Yuma Pustaka, 2010),

Hadi Lubis, Satria, Saatnya Memperbaiki Diri (Jakarta: Misykat 2004)

Hidayatullah, Furqon, Penbdidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, (Surakarta: Yuma Pustaka, 2010)

Kementerian Pendidikan Nasional; Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, 2011, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (tidak diterbitkan),

Kesuma, Dharma, dkk., Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Lickona, Thomas, Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility (New York: Bantam Books: 1991)

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (PT. Remaja Rosdakarya, 2011)

Megawangi, Ratna, Pendidikan Karakter: Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa, (Bogor: Indonesia Heritage Foundation, 2004)

Mohammad Bisri,. Pengembangan Model Pendidikan Karaktrer bagi Remaja Islam. Penelitian Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang, 2006

Nurla Isna Aunillah, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah, (Jakarta: Laksana, 2011)

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan agama dan Keagamaan

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2008)

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005)

Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1998)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.