POLA ASUH KELUARGA DALAM PENGUATAN AQIDAH ANAK

Istinganatul Ngulwiyah, Wardatul Ilmiah, Suaidi Suaidi

Abstract


Keluarga merupakan lingkungan pertama tempat anak belajar segala sesuatu, dimulai dari belajar bagaimana cara makan dan minum hingga belajar berbagai etika yang berlaku di masyarakat. Oleh karena itulah peran keluarga menjadi sangat penting dalam pembentukan akhlak anak. Akhlak mulia dapat dibentuk melalui keyakinan anak kepada Allah SWT atau aqidah. Akidah dapat ditanamkan kepada anak sejak di dalam kandungan hingga anak tumbuh dan berkembang. Apalagi jaman yang semakin modern seperti saat ini penguatan terhadap akidah anak sangatlah penting agar membentengi anak dari pengaruh buruk dalam lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bermaksud untuk membahas pola asuh keluarga dalam penguatan akidah anak sehingga para pendidik khususnya orangtua dapat mengetahui bagaimana cara menanamkan akidah terhadap anak sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, artikel dan jurnal yang kemudian ditelaah secara mendalam sesuai dengan fokus penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa keluarga khususnya orangtua  dapat menggunakan berbagai metode seperti pemahaman, pembiasaan dan keteladanan serta pola asuh yang kondusif agar tujuan pendidikan akidah dapat tercapai sesuai dengan harapan.

Full Text:

PDF

References


Adi Sutrisno. 2017. Metode Pendidikan Anak dalam Keluarga Menurut Abdullah Nashih Ulwan dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak dalam Keluarga di Kelurahan Majapahit Kota Lubuklinggau. Jurnal Al-Bahtsu. 2(2) 203-215.

Al-Jumhuri, Muh Asroruddin. 2015. Belajar Akidah Akhlak. Yogyakarta:Deepublish.

Ayun, Qurrotu. 2017. Pola Asuh Orangtua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Thufula. 5(1):102-122.

B Chaerudin. 2015. Pendidikan Agama Islam dalam Kandungan: Tinjauan dari Aspek Metodologi. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 18 (2):141-151.

Rakhmawati, Istina. 2015 Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. 6 (1): 1-18.

Sabiq, Sayyid. 1992. Akidah Islam: Nilai-nilai Dasar Islam.Jakarta: Firdaus.

Utama dan Eka Prasetyawati. 2020. Prenatal dalam Pendidikan Islam. Jurnal Al-Murabbi. 7 (1): 28-43.

Yaniawati, Poppy. 2020. Penelitian Studi Kepustakaan. UNPAS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.